Wamen ESDM Minta Warga Manggarai Barat Jaga Lampu Jalan Tenaga Surya

Kompas.com - 04/01/2019, 08:17 WIB
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengecek lampu penerangan jalan bertenaga surya di Manggarai Barat, NTT, Kamis (3/1/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAWakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengecek lampu penerangan jalan bertenaga surya di Manggarai Barat, NTT, Kamis (3/1/2019).

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar meminta masyarakat Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk merawat lampu jalan tenaga surya yang dibangun pemerintah.

Kementerian ESDM membangun 434 unit penerangan jalan umum tenaga surya di Manggarai Barat dan 1.034 unit di NTT.

"Setelah ini diserahkan, perawatannya ada pada pemerintah daerah. Mohon kiranya dipelihara dengan baik karena ini menggunakan uang rakyat," ujar Arcandra di Manggarai Barat, NTT, Kamis (3/1/2019).

Baca juga: Kementerian ESDM Bagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi di Pedalaman Papua

Arcandra mengatakan, seringkali ia menemukan infrastruktur yang dibangun pemerintah kurang optimal. Ada sejunlah pembangkit listrik mikro hidro, pembangkit listrik tenaga surya, dan beberapa infrastruktur gas yang tidak berumur panjang karena kurang dirawat.

Hal ini merugikan masyarakata karena tidak bisa lagi merasakan fasilitas seperti sebelumnya.

"Ke depannya agar dipelihara dengan baik sehingga kita semua bisa menikmati, anak dan cucu kita bisa menikmati dan infrastruktur yang dibangun bisa bermanfaat dalam waktu lama," kata Arcandra.

Arcandra mengingatkan bahwa infrastruktur tersebut dibangun dari uang pajak masyarakat sehingga harus dipelihara dengan baik.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 600 Miliar untuk Pemasangan Lampu Tenaga Surya

"Maka saya mohon masyarakat untuk memelihara agar kemanfaatannya dapat diperoleh lebih lama dari yang diharapkan," kata Arcandra.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X