Tinggalkan Diesel, PLTMG Flores Akan Gunakan Gas Mulai April 2019

Kompas.com - 04/01/2019, 17:43 WIB
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar beserta jajaran KESDM dan PLN meninjau PLTMG Flores di Manggarai Barat, NTT, Jumat (4/1/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAWakil Menteri ESDM Arcandra Tahar beserta jajaran KESDM dan PLN meninjau PLTMG Flores di Manggarai Barat, NTT, Jumat (4/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas ( PLTMG) Flores tak lama lagi akan meninggalkan diesel sebagai pembangkit listrik untuk kawasan Nusa Tenggara Timur.

Pembangkit listrik tersebut juga sempat menggunakan B20 sebagai pembangkit listrik. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengatakan, mulai April 2019, PLTMG Flores akan menggunakan gas sebagai pembangkit.

"Bulan April nanti diusahakan diganti ke gas. Sudah disiapkan pakai gas," ujar Arcandra saat ditemui di PLTMG Flores, Boleng, Manggarai Barat, NTT, Jumat (4/1/2019).

Arcandra mengatakan, pembangkit listrik dengan kapasitas 20 megawatt itu belum bisa menggunakan gas sejak awal, karena infrastrukturnya harus dipersiapkan dulu. Ia mengakui untuk membangun infrastruktur pembangkit listrik tenaga gas memakan waktu cukup panjang.

"Harus bangun infrastruktur dulu. Tapi kan tiga bulan lagi tidak lama," kata Arcandra.

Arcandra menyebut banyak keuntungan dengan menggunakan gas sebagai sumber energi pembangkit listrik. Salah satunya harganya lebih murah daripada menggunakan diesel. Dengan demikian, biaya produksi bisa diturunkan.

"Kelistrikan di NTT ada reserve margin (cadangan daya) di atas 20 persen. Secara keseluruhan baik sekali sehingga kita tidak khawatir akan kekurangan," kata Arcandra.

Daya terpasang total di Labuan Bajo sebesar 41,4 MVA dan daya mampu sebesar 36,3 MW. Pembangkitan Labuan Bajo disalurkan melalui sistem distribusi yaitu Jaringan Distribusi Tegangan Menengah (JTM) sebesar 187 kms; Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 166 kms; dan Gardu Induk sebanyak 143 buah.

Sementara itu, jumlah pelanggan di PLN ULP Labuan Bajo sebanyak 19.157 pelanggan yang terdiri dari rumah tangga, industri, pemerintah, bisnis, dan sosial.

PLTMG Flores sendiri memiliki tiga tangki besar dengan kapasitas masing-masing 7.816 kW dengan total 23.448 kW untuk diesel. Kemudian, proyeksi kapasitas PLTMG Flores saat menggunakan tenaga gas April nanti sekitar 23.106 kW dengan kapasitas masing-masing 7.702 kW. Pembangkit tersebut dimiliki PT Perusahaan Listrik Negara dengan operator PT Wartsila Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X