Waskita Karya: Tiga Proyek Utama Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Kompas.com - 04/01/2019, 19:50 WIB
Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra (tengah) memberikan penjelasan dalam paparan kinerja 2018 di Jakarta, Jumat (4/1/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra (tengah) memberikan penjelasan dalam paparan kinerja 2018 di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan bisa menyelesaikan tiga proyek utama pembangunan jalan tol tahun ini. Yakni tol Trans Sumatera, Jakarta-Cikampek II Elevated dan ruas Pasuruan-Probolinggo.

"Yang jadi target nasional dari Terbanggi Besar sampai ke Palembang. Pemerintah meminta agar tol itu bisa dipakai masyarakat saat Lebaran," kata Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra dalam paparan kinerja 2018 di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Gusti menerangkan, pengerjaan proyek tol Trans Sumatera merupakan bagian dari proyek ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Pihaknya menergerkan proyek tol rampung Juni mendatang.

"Kalau pun tidak selesai 100 persen. Kami akan coba seperti di (tol trans) Jawa kemarin, yaitu memberlakukan tol fungsional," ujarnya.

Selain itu, sambung Gusti, proyek lain yang tak kalah penting ialah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Japek. Pengerjaannya diharapkan selesai sebelum Lebaran tahun ini.

Kendati demikian, semuanya tetap bergantung pada ketersediaan material yang dibutuhkan seperti box girder.

"Apakah pemasok bisa penuhi itu atau tidak. Tapi dipastikan tahun ini selesai. Mudah-mudahan bisa," harapnya.

Tak hanya itu, royek lain yang wajib rampung ialah ruas tol Pasuruan-Probolinggo atau Pasparo yakni sepanjang 31,30 kilometer. Pemerintah juga meminta ruas tol ini bisa difungsikan sebelum lebaran tiba.

"Tol Pasuruan-Probolinggo ini kita akan bisa menyelesaikan lebih cepat, bulan Februari ini mungkin sudah bisa," katanya. 

"Itulah proyek-proyek harus selesai tahun ini," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X