Menhub Targetkan Reaktivasi Dua Jalur KA Rampung Tahun Ini

Kompas.com - 04/01/2019, 22:25 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan jalur kereta api Cianjur-Padalarang dan Cibatu-Garut bisa kembali beroperasi pada 2019 ini. Saat ini Kemenhub dan PT KAI tengah mereaktivasi kedua jalur tersebut.

"Yang pertama itu Cianjur-Padalarang, sama Cibatu-Garut. Mungkin satu tahun ini selesai," ujar Budi di Kemenhub, Jumat (4/1/2019).

Mengenai reaktivasi jalur KA Banjar-Pangandaran, Budi mengaku belum bisa memastikan kapan akan dilakukan. Menurut dia, saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan.

"Banjar-Pangandaran itu jauh, tapi itu challenge kita dan indah sekali. Nanti kita bahas lagi, tapi pasti kita akan lakukan," kata Budi.

Baca juga: KA Pangandaran, Langkah Awal Reaktivasi Jalur Kereta Banjar-Pangandaran

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang dan Cibatu-Garut akan menggunakan sumber pendanaan yang berbeda.

"Jadi memang prioritas dua, Cianjur-Padalarang itu dana dari kemenhub. Kalau Cibatu-Garut dari KAI," kata Zulfikri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X