Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaktivasi Jalur KA Banjar-Pangandaran, Ini Kata Menhub

Kompas.com - 05/01/2019, 06:07 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan menghidupkan kembali jalur kereta api Banjar-Padalarang. Namun, rencana tersebut saat ini masih dalam pembahasan.

"Banjar-Pangandaran itu jauh, tapi itu challenge kita dan indah sekali. Nanti kita bahas lagi, tapi pasti kita akan lakukan," ujar Budi di Kemenhub, Jumat (4/1/2019).

Namun, Budi belum dapat memastikan reaktifasi jalur tersebut akan dilakukan. Sebab, tahun ini Kemenhub memprioritaskan mereaktifasi jalur kereta api Cianjur-Padalarang dan Cibatu-Garut.

"Kita lagi study, tapi yang dua ini kita dahuluin. Nanti kalau selesai dan tidak ada masalah kita akan langsung, itu salah satu yang kita rencanakan. Belum tahun ini ya," kata Budi.

Baca juga: KA Pangandaran, Langkah Awal Reaktivasi Jalur Kereta Banjar-Pangandaran

Jalur kereta api menuju Pangandaran telah ditutup sejak 1982. Saat ini kereta api menuju Pangandaran hanya sampai stasium Banjar.

Adapun jarak Stasiun Banjar menuju Pangandaran yakni sepanjang 75 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com