Reaktivasi Jalur KA Banjar-Pangandaran, Ini Kata Menhub

Kompas.com - 05/01/2019, 06:07 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan kereta api (KA) Pangandaran relasi Jakarta-Bandung-Banjar, Rabu (2/1//2019). Dok Humas PT KAI Daop 2 Bandung PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan kereta api (KA) Pangandaran relasi Jakarta-Bandung-Banjar, Rabu (2/1//2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan menghidupkan kembali jalur kereta api Banjar-Padalarang. Namun, rencana tersebut saat ini masih dalam pembahasan.

"Banjar- Pangandaran itu jauh, tapi itu challenge kita dan indah sekali. Nanti kita bahas lagi, tapi pasti kita akan lakukan," ujar Budi di Kemenhub, Jumat (4/1/2019).

Namun, Budi belum dapat memastikan reaktifasi jalur tersebut akan dilakukan. Sebab, tahun ini Kemenhub memprioritaskan mereaktifasi jalur kereta api Cianjur-Padalarang dan Cibatu-Garut.

"Kita lagi study, tapi yang dua ini kita dahuluin. Nanti kalau selesai dan tidak ada masalah kita akan langsung, itu salah satu yang kita rencanakan. Belum tahun ini ya," kata Budi.

Baca juga: KA Pangandaran, Langkah Awal Reaktivasi Jalur Kereta Banjar-Pangandaran

Jalur kereta api menuju Pangandaran telah ditutup sejak 1982. Saat ini kereta api menuju Pangandaran hanya sampai stasium Banjar.

Adapun jarak Stasiun Banjar menuju Pangandaran yakni sepanjang 75 kilometer.




Close Ads X