Riset Buktikan, Millenial Adalah Perencana Keuangan Terbaik

Kompas.com - 05/01/2019, 12:15 WIB
Ilustrasi milenial SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah riset menunjukkan, generasi millenial adalah perencana keuangan terbaik bila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Riset tersebut bertajuk 2018 Modern Wealth Index yang dirilis oleh Schwab.

Dikutip dari NBC News, Sabtu (5/1/2019), di dalam riset tersebut dibuktikan bahwa 31 persen generasi millenial menuliskan rencana keuangan mereka. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan 20 persen generasi X dan 22 persen generasi baby boomers.

Tidak hanya itu, riset itu juga menyatakan bahwa generasi millenial juga memiliki nilai terbaik dalam hal menyusun tujuan hidup dan menabung.

Berangkat dari fakta tersebut, ada sejumlah kebiasaan generasi millenial yang akhirnya berpengaruh pada cara mereka mengelola keuangan. Berikut ini pemaparannya.

1. Generasi millenial gemar bertanya

Pandangan umum tentang generasi millenial adalah tidak takut bertanya. Holly Newman Kroft, managing director of wealth management di Neuberger Berman menyebut, kebiasaan ini membantu mereka pula dalam hal pengelolaan keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Banyak millenial belum mengakumulasi aset dan masih sedikit berinvestasi. Mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan karena mau memastikan bahwa mereka melakukan hal yang benar," jelas Kroft.

Ia pun mengungkapkan, ketika Anda mengajukan banyak pertanyaan, tanpa kecuali pada diri sendiri, Anda akan memiliki lebih bayak pemahaman. Ini juga membantu Anda tidak panik ketika pasar sedang bergejolak.

"Orang-orang biasanya selalu takut pada hal-hal yang tidak mereka pahami," sebut Kroft.

2. Generasi millenial ikut dalam media sosial dan komunitas

Halaman:


Sumber NBC News
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.