Pekerjaan Apa yang Membuat Anda Bahagia? Cek Ini

Kompas.com - 06/01/2019, 08:53 WIB
Ilustrasi bekerjaimtmphoto Ilustrasi bekerja

KOMPAS.com — Memiliki pekerjaan sesuai dengan minat dan harapan tentu menyenangkan karena menemukan pekerjaan yang tepat. Meski kebanyakan orang bekerja, kenyataannya hanya sedikit dari mereka yang bahagia dengan pekerjaannya.

Untuk menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai memang terasa begitu sulit. Tetapi,  jika mendapatkan pekerjaan yang membuat Anda bahagia,  hal itu tentu akan memberikan dampak positif pada pencapaian kinerja. Anda akan lebih loyal dan bisa melakukan segala sesuatunya dengan lebih maksimal.

Lalu, jenis pekerjaan apa sebenarnya yang paling tepat dan bisa membuat Anda bahagia?

Untuk menemukan jawabannya, cari tahu jenis pekerjaan yang tepat untuk jenis kepribadian Anda berdasarkan MBTI (The Mayers-Briggs Type Indicator) seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pekerjaan Waktu Penuh (Full Time)

Di antara jenis pekerjaan lainnya, pekerjaan waktu penuh (full time) tentu menjadi yang paling banyak diminati. Pekerjaan ini dianggap paling “aman” dan bisa menjamin masa depan karena penghasilan dan juga berbagai fasilitas pendukung yang didapatkan dari perusahaan lebih jelas.

Selain itu, pekerjaan full time pada umumnya juga menjanjikan jenjang karier yang lebih jelas. Namun, sebagai pekerjaan tetap yang diharapkan berjalan selama beberapa atau bahkan belasan tahun ke depan, pekerjaan full time memang terbilang membosankan.

Hari-hari yang monoton dan tugas yang pada umumnya itu-itu saja akan membuat Anda merasa bosan dan kurang tertantang. Meski begitu, pekerjaan ini tetap dianggap yang paling ideal dan cocok untuk beberapa tipe kepribadian, seperti:

  • Kepribadian Exraversion, Sensing, Thinking, Judgement (ESTJ)

Memiliki bakat alami sebagai pemimpin, tipe ini memang suka dengan keteraturan dan terbilang konvensional. Dengan kemampuan kerja di atas rata-rata dan juga pengambilan keputusan yang cerdas, tipe ini bisa menjadi pemimpin yang bijak dengan hasil kerja yang memuaskan.

Pencapaian nyata mereka di dalam pekerjaan merupakan kebahagiaan tersendiri untuk mereka. Tipe ini cocok untuk bekerja sebagai pebisnis, staf keuangan, atau manajer.

  • Kepribadian Introversion, Intuition, Thinking, Judgement (INTJ)

Memiliki kecenderungan untuk berpikir logis dan nyaman dengan lingkungan kerja yang stabil, tipe yang satu ini memang cocok untuk pekerjaan full time. Tipe ini pada umumnya menyukai proses analisis dan juga pencarian solusi, bahkan untuk berbagai masalah yang terbilang rumit sekalipun.

Dengan kemampuan tersebut, tipe yang satu ini akan cocok untuk beragam pekerjaan rumit yang berhubungan dengan programming, hukum, riset, dan yang lainnya.

  • Kepribadian Introversion, Sensing, Feeling, Judgment (ISFJ)

Masuk dalam kategori konvensional dengan minat yang tinggi untuk melakukan pelayanan masyarakat, tipe yang satu ini memang menjunjung tinggi tradisi serta hal lainnya yang memberi dampak kebaikan bagi lingkungan.

Tipe ini cocok dengan berbagai pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat, seperti bidang keagamaan, kesehatan, atau bahkan pendidikan.

  • Kepribadian Extraversion, Intuition, Feeling, Judgment (ENFJ)

Memiliki kepedulian yang sangat tinggi pada bidang kemanusiaan, tipe yang satu ini memang memiliki kemampuan “bersuara” dan memberikan berbagai pandangan mereka terkait dengan bidang tersebut.

Hal ini membuat mereka cocok untuk menjadi seorang penyintas dan berbagai bidang lainnya yang berkaitan dengan kemanusiaan.

  • Kepribadian Introversion, Sensing, Feeling, Perception (ISFP)

Meski pendiam dan terbilang jarang bersuara, tipe yang satu ini memiliki kemampuan yang baik di bidang tertentu, bahkan yang berkaitan dengan seni. Dengan keunikan ini, mereka biasanya lebih banyak mengekpresikan diri melalui berbagai tindakan dan juga hasil karya.

Tipe yang satu ini sangat cocok untuk bekerja di bidang hukum atau bahkan bidang kesehatan yang melayani masyarakat.

  • Kepribadian Extraversion, Sensing, Feeling, Judgment (ESFJ)

Tipe yang satu ini menyukai keteraturan dan juga menjunjung tinggi loyalitas serta tradisi yang mereka yakini baik bagi lingkungan serta orang-orang di sekitarnya.

Dengan kemampuan dan gairah untuk menciptakan perubahan dan keteraturan, tipe ini akan cocok menjadi tenaga pendidik, serta bekerja di bidang yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat lainnya.

2. Pekerjaan Paruh Waktu (Part Time)

Pekerjaan paruh waktu (part time) akan menjadi pilihan tepat bagi orang yang tidak suka duduk dan bekerja sepanjang minggu di dalam kantor saja.

Pekerjaan yang satu ini memungkinkan Anda untuk bekerja dalam waktu dan tempat yang lebih fleksibel, meskipun sebagian perusahaan tetap memiliki aturan tertentu terkait dengan jam kerja karyawan part time ini.

Dengan kondisi kerja yang seperti ini, hanya sedikit saja orang yang pada umumnya memilih pekerjaan part time, yakni mereka yang bertipe ESTP.

  • Kepribadian Extraversion, Sensing, Thinking, Perception (ESTP)

Nyaman dengan lingkungan yang ramai dan mudah akrab dengan orang-orang baru, tipe yang satu ini memang cocok untuk berbagai pekerjaan paruh waktu (part time).

Pada umumnya, tipe ini senang menikmati pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang dan bahkan yang datang silih berganti sekalipun, seperti tour guide, barista, bartender, dan yang lainnya.

3. Pekerjaan Berbasis Proyek (Project Based)

Pekerjaan yang akrab di telinga dengan sebutan pekerjaan kontrak ini biasanya tidak akan stabil sepanjang waktu. Sebab ada waktu-waktu di mana pekerjaan selesai dan pekerjaan yang baru belum ada.

Ada banyak bidang pekerjaan yang biasa dikerjakan dengan cara ini, seperti bisnis, programming, dan lainnya. Meski tidak tetap dan hanya sebatas kontrak saja, pada umumnya pekerjaan jenis ini melakukan kerjasama dengan pihak lain (perusahaan/perorangan). Tipe INTP menjadi orang tepat untuk jenis pekerjaan yang satu ini.

  • Kepribadian Introversion, Intuition, Thinking, Perception (INTP)

Memiliki bakat alami dalam desain serta berbagai inovasi lainnya, tipe ini memang mampu menganalisa kondisi serta berbagai tantangan di dalam pekerjaan mereka. Pekerjaan yang berhubungan dengan bidang teknik serta sains merupakan pilihan yang tepat untuk tipe yang satu ini.

4. Pekerjaan Lepas (Freelance)

Pekerjaan lepas (freelance) menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling menarik dan belakangan cukup banyak diminati, terutama oleh orang-orang yang tidak suka terikat dengan kantor dan juga jam kerja.

Ada banyak pekerjaan yang sesuai untuk jenis yang satu ini, seperti penulis dan juga programming. Tipe yang cocok untuk pekerjaan ini, antara lain:

  • Kepribadian Introversion, Intuition, Feeling, Perception (INFP)

Tidak menyukai pekerjaan yang penuh aturan dan kaku, tipe ini memang bukan orang yang konvensional.

Pada umumnya tipe ini memiliki kemampuan di bidang tertentu dan dapat menemukan passion mereka di sana, sehingga bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama, seperti penulis, pelukis, dan berbagai pekerjaan seni lainnya.

  • Kepribadian Extraversion, Sensing, Feeling, Perception (ESFP)

Tipe yang unik dan terbilang paling ramah di antara yang lainnya, ESFP ini memang tergolong dinamis. Ada banyak bidang pekerjaan yang cocok untuk tipe ini, seperti pendidikan, olahraga, atau bahkan entertainment.

Temukan Pekerjaan yang Tepat dan Sesuai Keinginan

Memilih pekerjaan tentu menjadi hal yang menarik, terutama jika Anda berpikir untuk menemukan pekerjaan yang bisa membuat bahagia.

Hal itu tentu tidak sulit jika Anda meluangkan waktu dan menganalisa apa dan bagaimana pekerjaan yang paling tepat untuk Anda geluti.

Cobalah untuk melihat lebih detail lagi, agar Anda bisa menemukan pekerjaan yang benar-benar membuat Anda bahagia.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel di luar tanggung jawab Kompas.com.



Close Ads X