Kompas.com - 06/01/2019, 12:19 WIB
Ilustrasi wawancara kerja fizkesIlustrasi wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemampuan menjawab pertanyaan saat wawancara (interview) kerja menjadi faktor penentu diterima atau tidaknya kandidat di suatu perusahaan.

Masalahnya banyak kandidat yang gagal melewati sesi wawancara karena ketidaksiapan mental sehingga sering kali terlihat gugup saat menjawab pertanyaan.

Kegagalan dalam sesi wawancara bukan sesuatu yang harus disesali, tetapi dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk wawancara kerja berikutnya.

Baca juga: Simak, Ini Pekerjaan yang Akan Jadi Most Wanted Perusahaan

 

Agar dapat menjawab pertanyaan, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi rasa gugup dan takut di hadapan pewawancara seperti dikutip dari Cermati.com.

1.  Tetaplah Tenang!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegagalan saat menjawab pertanyaan memang akan mengurangi penilaian di hadapan pewawancara, tetapi tetaplah tenang. Coba untuk tetap diam sambil memikirkan jawaban yang akan disampaikan kepada pewawancara.

Diam di sini memiliki jangka waktu, jangan sampai terlalu lama agar kesempatan Anda bekerja di perusahaan tidak hilang begitu saja.

Suasana tenang dapat membuat Anda lebih rileks, sehingga otak berjalan sesuai ritmenya. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas, coba tanyakan kembali untuk menghindari kesalahan saat menjawab nanti.

2.  Percayalah, Semua akan Baik-Baik Saja

Ingatlah, semua akan baik-baik saja. Jika Anda merasa tidak mampu menjawab pertanyaan, berikan jawaban apa adanya berdasarkan pemahaman Anda, terutama jika pertanyaan tersebut berhubungan dengan study case.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.