Punya Bisnis Rumahan? Ini 6 Cara untuk Mengembangkannya

Kompas.com - 07/01/2019, 05:43 WIB
Ilustrasi bekerja di rumahomgimages Ilustrasi bekerja di rumah

KOMPAS.com - Dibalik kesibukan mengurusi suami, anak dan rumah, seorang ibu rumah tangga bisa mencari kesibukan lain yang dapat menambah pemasukan keluarga.

Salah satunya menekuni bisnis rumahan. Cukup bermodal kreativitas, ketekunan dan keberanian, bisnis rumahan dapat dijalankan.

Ada banyak variasi bisnis rumahan, misalnya bisnis laundry, katering, salon, dan lainnya.

Baca juga: 7 Tantangan yang Harus Dikalahkan oleh Wirausaha Wanita

Agar bisnis tersebut cepat berkembang dan berjalan sesuai harapan, lakukan enam cara mudah ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1.  Pilih Bisnis Sesuai Kemampuan Anda

Memilih satu jenis bisnis yang hendak digeluti bukan perkara mudah. Sesuaikan bisnis tersebut dengan kemampuan diri Anda. Jika Anda hobi memasak, ide bisnis yang paling pas adalah membuka usaha makanan seperti toko roti, katering dan warung makan.

Bagi yang hobi merawat tanaman, bisa membuka bisnis jual-beli bibit bunga. Pada awalnya, Anda mungkin tidak terlalu mampu menggeluti bisnis tersebut.

Tapi Anda bisa belajar dari buku, internet atau meminta saran dari orang sukses di bidang tersebut. Dengan demikian, keterapilan Anda dalam mengembangkan bisnis akan terasah secara perlahan.

2.  Cari Inspirasi Lewat Media Sosial

Manfaatkan internet, terutama media sosial untuk mencari inspirasi baru yang berhubungan dengan perkembangan bisnis. Cara ini akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Misalnya dalam bisnis katering. Jika dulunya menu katering Anda hanya ayam goreng plus sambal matah, kini varian rasanya bisa dikembangkan menjadi ayam goreng plus sambal keju.

Varian rasa baru dan unik tentu akan menarik minat konsumen untuk membeli. Dari jumlah penjualan ini, Anda bisa menyimpulkan apakah menu baru tersebut diminati atau tidak.

3.  Ajukan Pinjaman Kepada Bank

Halaman:



Close Ads X