Rute Kertajati-Balikpapan Beroperasi, Penerbangan Dibuka Setiap Hari

Kompas.com - 07/01/2019, 10:13 WIB
Lion Air jenis pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi. Lion Air (Yosua Sancaka)Lion Air jenis pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi.
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Bandara Internasional Kertajati membuka sejumlah rute penerbangan baru, salah satunya rute Kertajati- Balikpapan. Rute baru ini akan dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air mulai 11 Januari 2019.

Penerbangan rute Kertajati-Balikpapan akan dibuka setiap hari. Pesawat akan mendarat di Bandara Kertajati pukul 12.00 WIB, lalu melakukan penerbangan sebaliknya pukul 13.40 WIB.

Direktur PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih mengatakan, rute-rute baru tersebut menandai dibukanya penerbangan domestik oleh maskapai Lion Air.

Sebelumnya, maskapai ini telah melayani penerbangan internasional rute Kertajati-Madinah untuk penerbangan umrah sejak Oktober tahun lalu.

Singgih menyampaikan, bertambahnya penerbangan dari Bandara Kertajati menunjukkan cukup besarnya kebutuhan konektivitas masyarakat Jawa Barat.

"Apalagi hitungan catchment area atau wilayah cakupan di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) plus Subang serta Tegal dan Brees mencapai 17 juta," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (7/1/2019).

Baca juga: Wings Air Buka Rute Baru dari Bandara Kertajati ke Yogyakarta

Dari hal tersebut, lanjut Singgih, masuknya Lion Air ke Bandara Kertajati akan menambah daftar pilihan terbang untuk masyarakat.

"Ini akan menambah pilihan masyarakat untuk menentukan penerbangannya dari dan ke Kertajati. Sekarang bagaimana caranya kita Bandara dan maskapai harus memenuhi keterisian penumpang," ujar dia.

Sebagai tambahan informasi, rute baru lainnya di antaranya Kertajati-Yogyakarta dan Kertajati-Jakarta.

Dua rute penerbangan tersebut dioperasikan tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat untuk rute Yogyakarta, serta Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk rute Jakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X