Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Pencabutan Bagasi Gratis Lion Air dan Wings Air

Kompas.com - 07/01/2019, 15:35 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai berbayarnya layanan bagasi maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air mendapat perhatian tersendiri di masyarakat.

Sebelumnya, penumpang kedua maskapai tersebut tidak dikenai biaya bagasi tambahan apabila berat bagasi tidak melebihi batas yang ditentukan maskapai.

Namun, pihak Lion Air Group mengeluarkan kebijakan baru, di mana kedua maskapai hanya menanggung 7 kilogram bagasi penumpang, apabila berat bagasi melebihi aturan tersebut, maka penumpang diharuskan membayar biaya tambahan.

Berikut 5 fakta mengenai bagasi dalam penerbangan Lion Air dan Wings Air yang tak lagi gratis:

1. Mulai diterapkan

Mulai 8 Januari 2019, kedua maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group tersebut mencabut layanan bagasi cuma-cuma 20 kilogram per penumpang.

Dari hal tersebut, maka penumpang hanya digratiskan membawa 7 kilogram bagasi.

Apabila melebihi, maka penumpang diharuskan membayar biaya untuk bagasi tambahan.

Baca juga: Corcom Lion Air soal Pencabutan Layanan Bagasi Gratis: Ini Kebijakan Manajemen

2. Rentang waktu yang mepet

Kebijakan pencabutan fasilitas bagasi gratis oleh dua maskapai Lion Air Group tersebut mendapatkan respons dari Komisi V Dewan Perakilan Rakyat (DPR).

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menyampaikan bahwa pengeluaran kebijakan dengan rentang waktu diberlakukan sangat mepet.

Sebab, kebijakan baru dikeluarkan pada 3 Januari 2019, dan mulai berlaku pada 8 Januari 2019.

Fary mengimbau, dengan bagasi berbayar tersebut, maka keamanan bagasi mestinya lebih meningkat pengawasannya, sehingga tidak ada lagi keluhan pembobolan atau pencurian bagasi.

Baca juga:Tanggapan Ketua Komisi V soal Penumpang Lion Air Harus Bayar Bagasi

3. Ketentuan bagasi cuma-cuma

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, penumpang yang telah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, maka tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kilogram dan 10 kilogram untuk Wings Air.

Penerbangan Lion Air Group memberlakukan untuk beberapa barang yang diikat atau dibungkus menjadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.

Disebutkan, calon penumpang pengguna Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi, bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan, website Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Baca juga: Menhub Cek Kebijakan Lion Air Group yang Kenakan Tarif untuk Bagasi

4. Harga

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, bagasi kabin tetap gratis, apabila berupa satu buah tas jinjing dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm, berat beban tidak melebihi 7 kilogram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com