5 Fakta Pencabutan Bagasi Gratis Lion Air dan Wings Air

Kompas.com - 07/01/2019, 15:35 WIB
Tradisi water salute menyambut kedatangan pesawat baru B737 MAX 8 Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/7/2017). Facebook Lion Air GroupTradisi water salute menyambut kedatangan pesawat baru B737 MAX 8 Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/7/2017).
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai berbayarnya layanan bagasi maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air mendapat perhatian tersendiri di masyarakat.

Sebelumnya, penumpang kedua maskapai tersebut tidak dikenai biaya bagasi tambahan apabila berat bagasi tidak melebihi batas yang ditentukan maskapai.

Namun, pihak Lion Air Group mengeluarkan kebijakan baru, di mana kedua maskapai hanya menanggung 7 kilogram bagasi penumpang, apabila berat bagasi melebihi aturan tersebut, maka penumpang diharuskan membayar biaya tambahan.

Berikut 5 fakta mengenai bagasi dalam penerbangan Lion Air dan Wings Air yang tak lagi gratis:

1. Mulai diterapkan

Mulai 8 Januari 2019, kedua maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group tersebut mencabut layanan bagasi cuma-cuma 20 kilogram per penumpang.

Dari hal tersebut, maka penumpang hanya digratiskan membawa 7 kilogram bagasi.

Apabila melebihi, maka penumpang diharuskan membayar biaya untuk bagasi tambahan.

Baca juga: Corcom Lion Air soal Pencabutan Layanan Bagasi Gratis: Ini Kebijakan Manajemen

2. Rentang waktu yang mepet

Kebijakan pencabutan fasilitas bagasi gratis oleh dua maskapai Lion Air Group tersebut mendapatkan respons dari Komisi V Dewan Perakilan Rakyat (DPR).

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menyampaikan bahwa pengeluaran kebijakan dengan rentang waktu diberlakukan sangat mepet.

Sebab, kebijakan baru dikeluarkan pada 3 Januari 2019, dan mulai berlaku pada 8 Januari 2019.

Fary mengimbau, dengan bagasi berbayar tersebut, maka keamanan bagasi mestinya lebih meningkat pengawasannya, sehingga tidak ada lagi keluhan pembobolan atau pencurian bagasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X