Penghargaan Bisnis Berkelanjutan Libatkan 60 Perusahaan

Kompas.com - 07/01/2019, 23:33 WIB
Para perwakilan perusahaan pemenang penghargaan bisnis berkelanjutan Sustainable Business Award (SBA) di Jakarta, Senin (7/1/2019).Dok. Sustainable Business Award Para perwakilan perusahaan pemenang penghargaan bisnis berkelanjutan Sustainable Business Award (SBA) di Jakarta, Senin (7/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 60 perusahaan dan UKM tercatat masuk dalam nominasi dan memenangkan penghargaan bisnis berkelanjutan Sustainable Business Award (SBA).

Sustainable Business Awards adalah platform penghargaan berkelanjutan sejak 2012 yang mengakui kepemimpinan dalam praktik bisnis berkelanjutan.

“SBA tidak hanya sebuah seremonial, tetapi juga menunjukkan kepemimpinan dan kreativitas untuk berinovasi secara kolektif demi masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” kata Shinta Kamdani, Presiden Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dalam pernyataannya, Senin (7/1/2019).

Baca juga: Kepala Bappenas: UKM Penting untuk Pembangunan Berkelanjutan

SBA memberikan penghargaan kepada perusahaan melalui penilaian pada praktik dengan metodologi yang menilai proses dan kinerja pada 11 kategori, yakni strategi dan manajemen berkelanjutan, tenaga kerja, komunitas, manajemen energi, pengelolaan air, produktivitas pengelolaan limbah dan material, manajemen rantai pasok, pemanfaatan lahan dan keragaman hayati, tanggung jawab dan etika bisnis, keterlibatan dengan pemangku kepentingan, serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

PT Vale Indonesia Tbk dinyatakan sebagai pemenang keseluruhan untuk 2018, menyoroti kinerja konsisten mereka di 12 kategori.

“Kepemimpinan keberlanjutan Indonesia terbukti dalam penghargaan tahun ini, baik dalam hal keterlibatan bisnis maupun negara, memimpin dengan memberi contoh di kawasan ini. Bisnis dapat dan harus memperkuat momentum ini lebih jauh untuk maju dan mencapai tujuan PBB 2030 tepat waktu," jelas Tony Gourlay, CEO Global Initiatives.

Baca juga: Agenda Pembangunan Berkelanjutan Ingatkan Empat Negara Ini

Beberapa perusahaan lain yang memenangkan penghargaan tersebut seperti PT Holcim Indonesia Tbk yang memenangkan kategori Best, Strategy & Sustainability Management. Kemudian, Vale Indonesia juga memenangkan kategori Best Workforce.

Adapun PT Pertamina (Persero) memenangkan penghargaan Best Energy Management. PT Multi Bintang Indonesia Tbk memenangkan kategori Best Water Management dan Best Waste and Material Productivity.

 

 

 




Close Ads X