Kuartal IV 2018, Laba LG Disebut Anjlok 80 Persen

Kompas.com - 08/01/2019, 14:08 WIB
Dua monitor LG beresolusi 5K yakni UltraFine Display 27MD5KA (kiri) dan LG UtraWide Monitor 34WK95U (kanan). LG Electronics IndonesiaDua monitor LG beresolusi 5K yakni UltraFine Display 27MD5KA (kiri) dan LG UtraWide Monitor 34WK95U (kanan).

SEOUL, KOMPAS.com - Laba raksasa elektronik Korea Selatan LG Electronics disebut anjlok 80 persen pada kuartal IV 2018 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka tersebut jauh di bawah proyeksi analis.

Dikutip dari CNBC, Selasa (8/1/2019), produsen televisi terbesar kedua di dunia tersebut mengestimasikan laba mencapai 75,3 miliar won atau setara 67,03 juta dollar AS untuk periode Oktober-Desember 2018. Para analis memprediksi laba LG mencapai 387 miliar won.

Adapun pendapatan LG disebut anjlok 7 persen menjadi 15,8 triliun won. Hal ini berdasarkan dokumen yang disampaikan LG kepada regulator, lagi-lagi jauh di bawah estimasi analis, yakni 16,3 triliun won.

LG tidak menyampaikan kinerja keuangannya secara lebih terperinci untuk periode kuartal IV 2018. Secara resmi, LG akan mengumumkan laporan kinerja keuangannya pada akhir Januari 2019 ini.

Baca juga: Hyundai dan LG Bakal Bangun Pabrik Pengolahan Biodiesel di Indonesia

Para analis menyatakan kinerja keuangan LG merosot lantaran bonus akhir tahun yang lebih tinggi. Di samping itu, LG juga menyedot lebih banyak uang untuk biaya pemasaran produk smartphone baru.

LG menyumbang 3 persen terhadap pangsa pasar smartphone global pada kuartal II 2018 lalu. Ini berdasarkan data dari Counterpoint Research.

Sementara itu, kompetitor LG, Samsung mengestimasikan laba pada kuartal IV 2018 anjlok 29 persen. Ini adalah penurunan laba pertama Samsung dalam dua tahun.

Penurunan laba Samsung disebabkan sengitnya persaingan di pasar cip memori dan smartphone.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X