Genjot Produktivitas Kerja dengan 5 Cara Mudah Ini

Kompas.com - 08/01/2019, 15:15 WIB
Ilustrasi ThinkStock/Todd Warnock Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Di tahun yang baru ini, alangkah baiknya bila produktivitas kerja Anda juga meningkat. Namun, tidak sedikit pegawai yang tidak tahu cara efektif menggenjot produktivitas mereka.

Nah, ternyata meningkatkan produktivitas kerja kerap kali tidak membutuhkan upaya yang sulit. Dikutip dari Reader's Digest, Selasa (8/1/2019), ada 5 cara mudah meningkatkan produktivitas kerja Anda di kantor.

1. Melihat foto-foto bayi hewan

Anak kucing.Nine Anak kucing.

Media sosial seperti Instagram atau Facebook seringkali dihiasi dengan gambar bayi-bayi hewan yang menggemaskan, sebut saja anak kucing atau anak anjing.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang melihat foto bayi hewan sebelum melakukan pekerjaan akan mengerjakan tugasnya lebih baik ketimbang orang yang melihat foto hewan dewasa atau obyek netral lainnya.

2. Mengunyah permen karet

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Mengunyah permen karet merupakan kebiasaan baik jika dilakukan untuk meningkatkan produktivitas. Kebiasan ini membantu menstimulasi saraf trigeminal, yang akhirnya menstimulasi bagian pada otak yang terkait dengan ketajaman perhatian.

"Orang-orang yang mengunyah permen karet dilaporkan memiliki produktivitas yang meningkat di kantor, yang sesuai dengan studi yang ditunjukkan di laboratorium," kata Andrew Smith, profesor di Cardiff University, Inggris.

3. Hirup aroma peppermint

Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau sari pati hasil ekstrak bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Senyawa aromatik yang menjadi kandungan utamanya dapat mempengaruhi suasana hati atau kesehatan.Shutterstock Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau sari pati hasil ekstrak bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Senyawa aromatik yang menjadi kandungan utamanya dapat mempengaruhi suasana hati atau kesehatan.

Letakkan wadah kecil berisi beberapa tetes minyak esensial aroma peppermint di meja kerja Anda. Hirup aromanya ketika dibutuhkan.

Sebuah riset menunjukkan bahwa peppermint membantu orang merasa lebih sadar, tidak cemas, dan tidak lelah.

4. Bagi jam kerja setiap 25 menit

IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

Uraikan jam kerja Anda menjadi segmen setiap 25 menit dengan istirahat singkat di antaranya. Selama setiap segmen, pasang fokus Anda untuk satu pekerjaan khusus, misal menyusun laporan.

Melakukan kebiasaan ini akan memaksa Anda mengidentifikasi pekerjaan yang paling penting dan harus segera diselesaikan. Kebiasaan ini juga akan memberitahu Anda seberapa lama seharusnya Anda menyelesaikan satu pekerjaan.

5. Hindari warna tertentu di meja kerja

Ilustrasi Meja Kerjaanyaberkut Ilustrasi Meja Kerja

Jika tujuan Anda adalah untuk fokus, psikolog warna menyarankan Anda menghindari skema warna cerah di meja kerja.

Sally Augustin, psikolog lingkungan, menyarankan Anda untuk membatasi ruang atau meja kerja dengan warna halus seperti taupe, ragam warna putih, atau abu-abu hangat. Berikan sedikit corak warna pada meja kerja dan tambahkan foto-foto koleksi pribadi yang menarik.

 

 

 

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X