Catat, 5 Hal yang Bisa Dihemat saat Liburan ke Luar Negeri - Kompas.com

Catat, 5 Hal yang Bisa Dihemat saat Liburan ke Luar Negeri

Kompas.com - 08/01/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi influencerbeer5020 Ilustrasi influencer

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda yang baru pertama kali atau sering berlibur pasti setuju bahwa menyusun anggaran keuangan liburan bukan hal yang mudah. Berhemat saat liburan adalah hal yang penting dilakukan, namun kerap kali tak mudah.

Namun, ada sejumlah hal yang sebenarnya bisa Anda hemat pengeluarannya saat liburan ke luar negeri. Dengan menekan biaya pada aspek-aspek tersebut, niscaya Anda bisa liburan dengan tenang dan nyaman.

Dikutip dari Reader's Digest, Selasa (8/1/2019), berikut adalah 5 hal yang bisa Anda hemat pengeluarannya saat berlibur ke luar negeri.

1. Bagasi

Bila Anda menggunakan maskapai berbiaya rendah untuk berlibur, pasti Anda tahu bahwa maskapai mengenakan biaya tambahan untuk bagasi. Hal inilah yang bisa Anda tekan pengeluarannya.

Pastikan mengemas barang dengan ringkas. Agar berat bawaan tidak bertambah saat pulang, manfaatkan layanan laundromat alias mesin cuci koin saat liburan, sebab membawa pakaian kotor cenderung lebih berat ketimbang pakaian bersih.

Pastikan juga ada ruang yang cukup pada koper atau carrier Anda untuk menampung belanjaan atau oleh-oleh.

2. Kartu kredit

Robert Miller, Presiden Direktur biro perjalanan Travel Advicates menyarankan Anda cermat saat membawa kartu kredit untuk berlibur. Pastikan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit Anda di luar negeri.

Miller menyatakan pula, tidak pernah salah membawa mata uang lokal setempat dalam jumlah yang cukup. Anda pun bisa menukarkan uang Anda ke dalam mata uang lokal saat sudah sampai di destinasi untuk memperoleh besaran nilai tukar yang menguntungkan.

3. Penginapan

Jika menurut Anda hotel terlalu mahal untuk berlibur, maka pilihlah hostel. Harganya bisa sangat murah ketimbang hotel, baik untuk jenis kamar campuran, kapsul, hingga kamar pribadi, tergantung pada destinasinya.

Untuk Anda yang merupakan petualang sejati, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Airbnb atau jenis akomodasi couchsurfing.

4. Makanan

Menikmati hidangan saat liburan bukan berarti harus merogoh kocek dalam-dalam. Saat berlibur, jangan ragu menikmati kuliner lokal.

Miller menuturkan, jika Anda pergi ke destinasi yang makanannya tak begitu Anda percayai, pergilah ke restoran yang banyak dikunjungi wisatawan. Menurut dia, saat berlibur, tak ada salahnya Anda menikmati pengalaman bersantap yang mendalam, makanan mewah dengan pemandangan indah, dan makanan yang akan menjadi bahan pembicaraan yang baik ketika kembali dari perjalanan.

5. Transportasi

Saat berlibur, gunakanlah moda transportasi umum untuk membantu mobilitas Anda. Moda transportasi umum memungkinkan Anda merasakan sensasi menjadi warga lokal saat berlibur ke luar negeri.

Namun, Miller menyarankan Anda tidak menggunakan taksi. Sebab, biaya yang dikeluarkan ketika bepergian dengan taksi jauh lebih besar ketimbang menggunakan bus atau kereta.



Close Ads X