Akses ke Bandara Diblokir, Penerbangan Wings Air Manado-Halmahera Dibatalkan

Kompas.com - 09/01/2019, 05:25 WIB
Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.Hafid Kustantyo/Wings Air Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.

JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai Wings Air mengonfirmasi pembatalan penerbangan IW-1176 dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (MDC) menuju Bandara Kuabang di Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (KAZ) pada Selasa (1/8/2018).

Corporate Communications Strategic Wings Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pembatalan tersebut dikarenakan terjadi pemblokiran jalan (akses) menuju bandara.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), Wings Air hari ini memutuskan untuk membatalkan penerbangan IW-1176 Manado ke Kao dan IW-1177 Kao menuju Manado," ujar Danang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Kemenhub Setujui Lion dan Wings Air Terapkan Biaya Bagasi

Terkait pembatalan tersebut, Wings Air menawarkan dan memfasilitasi antara lain pengembalian dana (refund), perubahan rute terbang (reroute) atau perubahan jadwal berangkat (reschedule) berdasarkan aturan yang berlaku.

Wings Air rute Manado – Kao – Manado akan berjalan normal kembali, setelah bandar udara dinyatakan aman untuk penerbangan. Sebagai catatan, hingga saat ini, Wings Air masih menjadi satu-satunya maskapai yang beroperasi di Bandar Udara Kuabang dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari.

"Wings Air senantiasa berkoordinasi intensif kepada pihak terkait dan akan memberitahukan informasi lebih lanjut sesuai perkembangan terbaru. Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu," jelas Danang dalam keterangan tertulis tersebut.




Close Ads X