Pemerintah Siapkan Rp 6 Triliun untuk Sambungan Listrik Gratis

Kompas.com - 09/01/2019, 07:47 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ketika memberikan paparan kinerja Kementerian ESDM sepanjang 2018 di Jakarta, Jumat (4/1/2019). KOMPAS.com/Mutia FauziaMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan ketika memberikan paparan kinerja Kementerian ESDM sepanjang 2018 di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 triliun bagi masyarakat miskin yang belum tersambung listrik.

“Ada alokasi APBN untuk sambungan gratis, sekitar Rp 6 triliun untuk tahun 2019. Jadi kita bagi-bagi," ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/1/2019).

Menurut Jonan, masyarakat dengan golongan tarif listrik 450 VA bisa untuk melakukan pembayaran penggunaan listrik, namun terkendala tingginya biaya penyambungan atau pemasangan.

Baca juga: Jonan Berharap DPR Setujui Rencana Subsidi Pemasangan Listrik

"Kalau langganannya pasti bisa, sekitar Rp 15.000, tapi kalau pasang itu sekitar Rp 500.000. Pemerintah kabupaten, pemerintah kota dan pemerintah provinsi yang membantu," kata Jonan.

Jonan pun meminta pemerintah daerah yang memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) besar dapat berkontribusi dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. Salah satu caranya dengan memberikan sambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu yang ada di wilayahnya.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terdapat sekitar 2.100 rumah yang tidak mampu melakukan penyambungan listrik. Padahal, jaringan distribusi PLN sudah tersedia.

Baca juga: Rasio Elektrifikasi NTT Paling Rendah di Indonesia

“Saya baru dapat laporan dari Ibu Bupati Probolinggo, ada sekitar 2.100 rumah yang sudah ada jaringan distribusinya PLN tapi orangnya belum mampu bayar biaya penyambungannya. Saya berterima kasih kepada Ibu Bupati, ada komitmen bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk memberikan sambungan gratis kepada masyarakat,” ucap Jonan.

“Saya mengimbau, terutama yang di Jawa dan provinsi-provinsi besar, juga Kabupaten-kabupaten yang APBD-nya triliunan, menyisihkan sebagian untuk memberikan sambungan listrik gratis kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga bisa menikmati listrik," sambungnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X