Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Bulog, Jokowi Pastikan Stok Beras Aman

Kompas.com - 10/01/2019, 11:03 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional DKI Jakarta di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (10/1/2019). Ia ingin melihat dan memastikan stok beras dalam negeri aman.

"Hari saya ingin melihat secara langsung stok yang ada di Bulog, terutama beras. Memang kalau dibandingkan dengan tahun-tahun lalu stok kita tahun ini memang lipet (lebih)," kata Jokowi kepada awak media usai berkelingi digedung Bulog.

Jokowi mengungkapkan, persediaan beras dalam negeri yang ada di gudang Bulog masih aman dan banyak. Ini berbeda jika dibandingakan beberapa tahun berlakangan. Biasanya Desember akhir tahun stok biasanya hanya sekitar ratusan ribu ton.

"Biasanya di akhir Desember itu 700.000-800.000 ton, tetapi di akhir Desember 2018 stok kita sekarang 2,1 juta ton. Sebuah stok yang memang besar," ujar dia.

"Kalau kita lihat dulu, kalau sudah Desember pasti segini (sedikit), wah ini masih (sekarang) banyak sekali," jelasnya.

Dia mengatakan, ketersediaan stok ini harus diamanfaatkan dan dimaksimalkan untuk harga beras di pasaran. Sehingga harga beras bisa ditekan atau turun.

"Oleh sebab itu, stok ini kita pakai untuk menjaga agar harga bahan pokok ini, terutama beras bisa sedikit turun. Tadi saya sudah mendapatkan info dari Durut Bulog, kemarin saya cek juga di Cipinang, memang (harga) sudah mulai turun, Rp 50. Tren ini naik turun," sambungnya.

Terkait harga yang turun, Presiden juga mengatakan beberapa hari terkahir Perum Bulog telah melakukan operasi pasar di sejumlah tempat. Ini diharapkan dapar memperlancar suplai beras di pasaran.

"Karena sudah beberapa hari ini, Bulog melakukan operasi pasar besar-besar untuk memberikan suplai kepada pasar-pasar yang membutuhkan pada masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.

Kunjungan Jokowi ke Bulog Divisi Regional DKI Jakarta di Jakarta Utara, didamping Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Bulog, Budi Waseso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com