Mau Investasi SBR005 Mulai Rp 1 Juta? Begini Cara Pesannya

Kompas.com - 10/01/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi investasi Thinkstock Ilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi membuka masa penawaran Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR005 resmi dibuka hari ini, Kamis (10/1/2019). SBR merupakan instrumen investasi dari Surat Berharga Negara (SBN).

Masyarakat bisa membeli SBR005 dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 1 juta. Namun demikian, masa penawaran tidak lama, hanya 14 hari atau hingga 24 Januari 2019.

Tertarik? Lantas bagaimana cara memesan SBR0005? Berikut cara memesannya.

  • Pemesanan SBR005 bisa dilakukan di 11 mitra distribusi yakni bank yang terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Permata.
  • Pemesanan juga bisa dilakukan melalui perusahaan efek Trimegah Sekuritas, perusahaan efek khusus Bareksa Portal Investasi dan Star Mercato Capitale, serta fintech Investree Radhika Jaya dan Mitrausaha Indonesia Grup.
  • Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.
  • Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi mitra distribusi.
  • Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR005 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR005.
  • Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui e-mail/SMS sesuai kebijakan masing-masing mitra distribusi.
  • Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.
  • Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR005 pada tanggal setelmen/penerbitan.



Close Ads X