Tahun Ini, Paspor Jepang Jadi yang Terkuat di Dunia

Kompas.com - 11/01/2019, 06:55 WIB
ILUSTRASI - paspor JepangThinkstock ILUSTRASI - paspor Jepang

NEW YORK, KOMPAS.com - Jepang memiliki paspor terkuat di dunia pada tahun 2019. Hal ini berdasarkan pemeringkatan bertajuk Henley Passport Index.

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis Henley & Partners, Jumat (11/1/2019), warga Jepang bisa menikmati akses bebas visa ataupun visa on arrival di 190 negara. Berada di peringkat kedua adalah Singapura dan Korea Selatan, yang bisa menikmati bebas visa di 189 negara.

Peringkat Korea Selatan naik menyusul adanya kesepakatan visa on arrival dengan India. Sementara itu, berada pada peringkat ketiga adalah Jerman dan Perancis, yang warganya bisa menikmati bebas visa atau visa on arrival di 188 negara.

Baca juga: Paspor Singapura Kini Tak Lagi yang Terkuat di Dunia

Amerika Serikat dan Inggris terus mengalami penurunan peringkat dalam indeks paspor terkuat tersebut. Kini, kedua negara berada pada peringkat keenam dengan akses bebas visa ke 185 negara.

Sementara itu, berada pada peringkat terbawah adalah Irak dan Afghanistan. Dua negara yang sempat dalam kondisi perang tersebut hanya memilki akses bebas visa ke 30 negara.

Indonesia sendiri berada pada peringkat 72 dengan akses bebas visa ke 71 negara. Peringkat Indonesia berada di bawah Malaysia, yang duduk di peringkat 12 dengan akses bebas visa ke 179 negara.

Indonesia pun berada di bawah Thailand yang duduk di peringkat 68 dan China yang berada di peringkat 69.

Baca juga: 10 Negara dengan Paspor Paling Lemah di Dunia

Dalam menyusun indeks paspor terkuat, Henley & Partners mempelajari data historis dalam periode 14 tahun. Data yang dimaksud adalah yang diperoleh dari Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) dan data-data komprehensif lainnya.

Indeks tersebut mencakup paspor dari 199 negara dan 227 destinasi yang berbeda. Pembaruan peringkat dilakukan secara real time.

Berikut ini adalah negara-negara yang masuk 10 besar paspor terkuat di dunia tahun 2019.

  1. Jepang
  2. Singapura dan Korea Selatan
  3. Perancis dan Jerman
  4. Denmark, Finlandia, Italia, Swedia
  5. Spanyol dan Luksembourg
  6. Austria, Belanda, Norwegia, Portugal, Swiss, Inggris, dan AS
  7. Belgia, Kanada, Yunani, dan Irlandia
  8. Republik Ceko
  9. Malta
  10. Australia, Islandia, dan Selandia Baru

 



Close Ads X