Bersiap Akuisisi Ophir Energy, Medco Bisa Jadi Produsen Migas Terbesar Ke-7 Asia Tenggara

Kompas.com - 14/01/2019, 08:37 WIB
Ilustrasi minyak dan gas (migas)Thinkstock/iStock Ilustrasi minyak dan gas (migas)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi International Tbk (MEDC) berniat mengakuisisi Ophir Energy Plc yang mencatatkan sahamnya di bursa saham London. Jika transaksi ini terealisasi, Medco bakal menguasai sejumlah aset migas di Indonesia. Termasuk aset Ophir yang belum lama ini diakuisisi dari Santos Limited.

Melalui anak usaha Medco Energi Global Pte Ltd, perusahaan minyak dan gas ini sedang melakukan pengkajian kemungkinan pengajuan tawaran untuk membeli seluruh saham Ophir Energy Plc yang merupakan perusahaan bidang eksplorasi dan produk hulu minyak dan gas.

Mengutip keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia pada Jumat (11/1/2018), penawaran harga yang diajukan oleh perusahaan sebesar 48,50 pence untuk setiap lembar saham biasa Ophir, dalam bentuk tunai.

Jumlah ini setara 340 juta poundsterling untuk 707 juta lembar saham, atau sama dengan Rp 6,13 triliun jika dikonversi ke rupiah.

Baca juga: Petronas dan Repsol Garap Blok Migas Sakakemang Sumsel

Merinci lebih jauh, dalam keterangan resmi MEDC yang disampaikan perusahaan pada Jumat, dijelaskan bahwa sehubungan dengan perkembangan pasar dan berita terbaru terkait Ophir, Medco telah menulis surat kepada Dewan Direksi dengan tawaran yang lebih tinggi 46,1 persen dari harga saham Ophir di penutupan pasar pada 28 Desember lalu, yakni sebesar 33,2 pence.

"Jika ada kesepakatan antara kondisi pengaturan dan antimonopoli tertentu, maka kondisi tertentu akan berlaku untuk negara tuan rumah tertentu dan kondisi khusus lainnya," tulis Medco.

Medco Energi Global Pte Ltd punya tenggat waktu hingga 28 Januari 2019 untuk membuat keputusan terhadap aksi korporasi ini.

Saat ini, produksi Ophir tercatat sebesar 25.000 barrel setara minyak per hari (Barrels Oil Equivalent Per Day /BOEPD). Sementara target 2018 Medco sebesar 85.000 BOEPD. Sehingga keduanya akan menghasilkan total produksi sebesar 110.000 BOEPD.

Sehingga jika berhasil mencapai kesepakatan, keduanya dapat menghasilkan lebih dari 100.000 BOEPD per hari. Pencapaian ini dapat membuat Medco menjadi pusat kekuatan energi di Asia Tenggara.

Analis industri minyak di Wood Mackenzie Angus Rodger menyebut langkah berani Medco meminang Ophir dapat mengangkat grup menjadi tujuh besar perusahaan minyak independen di kawasan Asia Tenggara. (Krisantus de Rosari Binsasi)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Butuh Rp 6,13 triliun agar Medco Energi bisa akuisisi Ophir Energy

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X