Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres LRT Jabodebek Baru 56,1 Persen

Kompas.com - 14/01/2019, 12:02 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek fase I hingga Januari 2019 telah mencapai 56,1 persen. Pembangunan proyek ini sudah dimula sejak September 2015.

"Progresnya secara keseluruhan 56,1 persen," ujar Direktur Operasional II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Pundjung menjelaskan, pembangunan LRT Jabodebek fase I membentang dari Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang kemudian Cawang-Dukuh Atas. LRT Jabodebek sendiri tercatat sepanjanh 44,3 kilometer.

"Progresnya Cawang-Cibubur 76,21 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atsas 44,19 persen dan Cawang-Bekasi Timur 51,06 persen," kata Pundjung.

Baca juga: Pembangunan MRT dan LRT Sumbang Pertumbuhan Ekonomi di DKI Jakarta

Pundjung mengakui ada sejumlah hambatan yang dihadapi dalam pembangunan proyek ini. Salah satunya terkait pembebasan lahan.

"Jadi ada dua masalah kritikal, pertama pembebasan tanah di Bekasi Timur, kedua penetapan trase di Dukuh Atas yang sudah ada titik terang setelah ada ratas di istana," ucap dia.

LRT Jabodebek tahap I dikerjakan sejak September 2015 lalu. Proyek itu mempunyai nilai pekerjaan sebesar Rp 22,8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com