Melongok Pembangunan Stasiun LRT Taman Mini...

Kompas.com - 14/01/2019, 15:45 WIB
Pengerjaan proyek pembangunan Stasiun LRT Taman Mini pada Senin (14/1/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Pengerjaan proyek pembangunan Stasiun LRT Taman Mini pada Senin (14/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi publik Light Rail Transit (LRT) Jabodebek fase I rencananya akan memiliki 18 stasiun. Belasan stasiun itu mulai dari Bekasi Timur hingga Dukuh Atas.

Saat ini pembangunan stasiun LRT Jabodebek masih berlangsung. Salah satunya adalah di Stasiun Taman Mini yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur.

Stasiun tersebut nantinya memiliki dua lantai. Pada lantai pertama akan dibangun loket-loket tempat pembelian tiket.

Sedangkan di lantai II stasiun tersebut nantinya akan digunakan untuk para penumpang menaiki kereta api.

Baca juga: Progres LRT Jabodebek Baru 56,1 Persen

Saat Kompas.com berkunjung ke lokasi proyek pada Senin (14/1/2019), pengerjaan proyek stasiun LRT tersebut belum rampung. Di lantai I para pekerja masih menyelsaikan pembangunan loket tiket.

Sedangkan di lantai II, para pekerja sedang memasang transmisi listrik. Di lantai tersebut pun sudah terlihat rangkaian rel yang sudah terpasang.

Struktur kontruksi yang terbuat dari beton pun sudah terlihat menghiasi stasiun itu. Namun, pemasangan atap stasiun belum terlihat dilakukan.

Baca juga: Pengoperasian LRT Jabodebek Molor dari Target

"Progres pembangunan stasiun ini sudah 40 persen," ujar Direktur Operasional II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata di lokasi.

Di stasiun yang berseberangan dengan pusat perbelanjaan Tamini Square ini rencananya juga akan dibangun skybridge. Skybridge itu dibangun untuk memudahkan akses pengguna LRT ke Stasiun TMII.

Selain itu, nantinya juga akan ada empat unit lift, enam unit eskalator dan dua tangga konvesional yang bisa digunakan para penumpang. Namun, saat Kompas.com berkunjung belum terlihat adanya lift maupun eskalator.

Untuk masuk ke stasiun tersebut harus menggunakan tangga darurat.

Baca juga: Dikritik JK Soal LRT Jabodebek, Ini Tanggapan Adhi Karya

Berdasarkan keterangan dari salah satu pekerja proyek tersebut, Stasiun Taman Mini ditargetkan rampung pada April 2019.

Stasiun ini sendiri memiliki panjang sekitar 120 meter. Diperkirakan, stasiun ini mampu menampung hingga 800 orang.

LRT Jabodebek tahap I sendiri memiliki panjang sekitar 44,43 kilometer (km). Pada tahap I ini nantinya akan ada 18 stasiun yang beroperasi.

Kedelapan belas stasiun itu, yakni untuk lintasan Cibubur-Cawang, Stasiun Cibubur, Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan Stasiun Cawang.

Baca juga: Pembayaran Tahap II Proyek LRT Jabodebek Cair Desember

Lalu untuk lintasan Bekasi Timur-Cawang terdapat Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Bekasi Barat, Staisun Cikunir 2, Stasiun Cikunir, Stasiun Jati Cempaka, dan Stasiun Cawang.

Sedangkan untuk lintasan Cawang-Dukuh Atas, melalui stasiun Cawang, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikoko, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas.

Stasiun Cawang akan menjadi stasiun transit atau titik pertemuan dari arah Bekasi Barat, Cibubur maupun Kuningan.

LRT Jabodebek ditargetkan bisa beroperasi pada 2021. Pembangunan proyek itu sudah dimulai sejak September 2015. Proyek itu mempunyai nilai pekerjaan sebesar Rp 22,8 triliun.



Close Ads X