Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda: Tiket Aceh-Jakarta Sudah Turun 50 Persen

Kompas.com - 15/01/2019, 15:51 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengklaim pihaknya sudah menurunkan harga tiket pesawat rute Banda Aceh-Soekarno Hatta, Tangerang. Menurut Ari, harga tiket tersebut turun sekitar 50 persen.

"Harga tiket Banda Aceh sebelumnya Rp 3 juta, itu yang tertinggi. Sekarang sudah Rp 1,6 juta," ujar Ari di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Selain itu, lanjut Ari, tiket Garuda Indonesia rute Jakarta-Surabaya telah berangsur-angsur turun. Namun, dia mengakui untuk tiket rute Jakarta-Denpasar belum mengalami penurunan.

"Sebelumnya harga tiket Jakarta-Surabaya Rp 1,6 juta, sekarang Garuda rute Jakarta-Surabaya Rp 1,3 juta. Untuk Denpasar masih Rp 1,9 juta, belum diturunkan karena demand masih tinggi," kata Ari.

Ari mengatakan, penurunan harga tiket pesawat tergantung supply and demand. Di sejumlah rute, kata dia, belum mengalami penurunan karena demand-nya masih tinggi.

"Ada yang belum turun di prime time karena demand-nya tinggi. Yogyakarta di pagi hari itu jual berapa aja pasti habis. Garuda grup Jakarta-Yogyakarta siang pasti turun," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat Aceh lebih memilih berangkat ke Jakarta via Kuala Lumpur karena harga tiket terbilang mahal.

Kompas.com mencoba membandingkan harga tiket seperti pada Minggu (13/1/2019) tiket penerbangan dari Banda Aceh menggunakan maskapai Air Asia pukul 11.10 WIB via Kuala Lumpur dan tiba di Bandara Sukarno Hatta, pukul 19.30 WIB hanya Rp 716.800.

Bandingkan dengan penerbangan jam yang sama menggunakan maskapai Lion Air dari Banda Aceh pukul 06.00 WIB via Bandara Kuala Namu Medan dan seterusnya menggunakan maskapai Batik Air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 12.20 WIB dengan harga Rp 3.012.800.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com