INACA: Avtur Penerbangan Internasional Lebih Murah Ketimbang Domestik

Kompas.com - 15/01/2019, 20:20 WIB
Depot Pengisian Pesawat Udara Hang Nadim, Batam, Kepri terus meningkatkan pelayanannya dalam menyediakan avtur terhadap sejumlah maskapai yang ada di Bandara Hang Nadim, Batam. Hal ini bertujuan untuk membantu kelancaran tranfortasi udara guna mempersingkat jarak dan waktu antara daerah satu ke daerah lainnya yang ada di Indonesia. KOMPAS.COM/ HADI MAULANADepot Pengisian Pesawat Udara Hang Nadim, Batam, Kepri terus meningkatkan pelayanannya dalam menyediakan avtur terhadap sejumlah maskapai yang ada di Bandara Hang Nadim, Batam. Hal ini bertujuan untuk membantu kelancaran tranfortasi udara guna mempersingkat jarak dan waktu antara daerah satu ke daerah lainnya yang ada di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Ari Askhara mengatakan, harga avtur Pertamina lebih murah untuk penerbangan internasional ketimbang penerbangan domestik.

Informasi itu diketahui INACA dari tagihan pembelian bahan bakar yang didapat para maskapai.

"Pertamina memberikan Garuda (Avtur) di Singapura dengan Pertamina di Jakarta itu bedanya sekitar 16 persen," ujar Ari di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Namun, Ari mengakui harga avtur Pertamina lebih murah dibandingkan dengan pemasok lain seperti Shell atau Air BP. Atas dasar itu, maskapai nasional lebih memilih membeli avtur ke Pertamina.

"Pertamina di luar negeri itu memberikan 2 persen lebih murah daripada pesaing ke maskapai nasional," kata Ari.

Ari mengaku pernah membicarakan hal ini kepada Pertamina.

"Kami sudah menanyakan (Pertamina), jawabannya lebih kompetitif sih," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.