Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom dan Pengajar UGM Tony Prasetiantono Berpulang

Kompas.com - 17/01/2019, 05:58 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Ekonom yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada A. Tony Prasetiantono meninggal dunia pada Rabu (16/1/2019) pukul 23.30 di Jakarta.

Iva Ariani dari bagian Humas Universitas Gadjah Mada saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Tony Prasetiantono telah berpulang pada Rabu malam. 

"Iya benar," kata Iva, Kamis (17/1/2019).

Tony Prasetiantono adalah pengajar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dia meraih gelar doktorandus pada tahun 1986. Kemudian pada 1991 Tony meraih gelar master dari University of Pennsylvania, Philadelphia, AS. Pada tahun 2006, dia mendapatkan Ph.D dari The Australian National University, Australia.

Di luar karier akademik, Tony juga tercatat menduduki komisaris di sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah sebagai komisaris di Bank Mandiri (2003-2005). Setelahnya, dia menduduki posisi sebagai Kepala Ekonom BNI.

Tony juga tercatat menduduki posisi sebagai komisaris independen di Permata Bank serta komisaris independen Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Sebagai ekonom, Tony Prasetiantono cukup produktif menulis di berbagai media. Salah satunya adalah di harian Kompas. Dia juga sering menjadi narasumber di berbagai seminar.

Rencananya, jenazah akan dibawa ke Yogyakarta dari Jakarta pada hari ini. Selamat jalan Pak Tony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com