Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina “Lobi” Chevron Agar Bisa Mengebor di Blok Rokan Tahun Ini

Kompas.com - 17/01/2019, 15:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tengah melobi PT Chevron Pacific Indonesia agar diizinkan melakukan pengeboran di Blok Rokan pada 2019 ini. Pertamina sendiri baru bisa mengelola Blok Rokan pada 2021 nanti.

“Tim kita optimisasi bagaimana Pertamina dan Chevron capai kesepakatan business model dan keyturns supaya pengeboran bisa dimulai di tahun ini juga," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dharmawan mengaku, Pertamina sudah melakukan pembicaraan secara intens dengan Chevron mengenai hal ini. Dia optimis pihaknya bisa melakukan pengeboran di Blok Rokan pada tahun ini.

Baca juga: Kelola Blok Rokan, Pertamina Bentuk Anak Usaha Baru

Pengeboran ini dilakukan untuk menjaga tingkat produksi di blok tersebut.

“Tapi yang mungkin bisa dicatat, sangat kuat kemungkinan kita bisa mengebor tahun ini,” kata Dharmawan.

Dharmawan menambahkan, selagi menunggu izin pengeboran, pihaknya telah mendapat izin untuk mengganti pipa yang umurnya sudah tua. Pergantian pipa itu bisa dilakukan pada tahun ini.

“Bagaimana pipa yang dari Minas-Duri-Dumai, Balam-Bangko-Dumai bisa diganti tanpa menunggu kita operasikannya di 2021. Sekarang sedang dikaji execution plannya dan mudah-mudahan bisa berjalan di 2019. Siapa yang bangun? saya enggak bisa share, yang penting pipa akan diganti dan mulai dikerjakan 2019,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com