Pertamina “Lobi” Chevron Agar Bisa Mengebor di Blok Rokan Tahun Ini

Kompas.com - 17/01/2019, 15:00 WIB
Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tengah melobi PT Chevron Pacific Indonesia agar diizinkan melakukan pengeboran di Blok Rokan pada 2019 ini. Pertamina sendiri baru bisa mengelola Blok Rokan pada 2021 nanti.

“Tim kita optimisasi bagaimana Pertamina dan Chevron capai kesepakatan business model dan keyturns supaya pengeboran bisa dimulai di tahun ini juga," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di kantornya, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dharmawan mengaku, Pertamina sudah melakukan pembicaraan secara intens dengan Chevron mengenai hal ini. Dia optimis pihaknya bisa melakukan pengeboran di Blok Rokan pada tahun ini.

Baca juga: Kelola Blok Rokan, Pertamina Bentuk Anak Usaha Baru

Pengeboran ini dilakukan untuk menjaga tingkat produksi di blok tersebut.

“Tapi yang mungkin bisa dicatat, sangat kuat kemungkinan kita bisa mengebor tahun ini,” kata Dharmawan.

Dharmawan menambahkan, selagi menunggu izin pengeboran, pihaknya telah mendapat izin untuk mengganti pipa yang umurnya sudah tua. Pergantian pipa itu bisa dilakukan pada tahun ini.

“Bagaimana pipa yang dari Minas-Duri-Dumai, Balam-Bangko-Dumai bisa diganti tanpa menunggu kita operasikannya di 2021. Sekarang sedang dikaji execution plannya dan mudah-mudahan bisa berjalan di 2019. Siapa yang bangun? saya enggak bisa share, yang penting pipa akan diganti dan mulai dikerjakan 2019,” ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X