INKA Targetkan Produksi 4 Kereta Per Hari di Pabrik Banyuwangi

Kompas.com - 17/01/2019, 22:36 WIB
Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro menunjukkan satu dari 250 kereta pesanan Bangladesh.KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro menunjukkan satu dari 250 kereta pesanan Bangladesh.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA targetkan produksi empat kereta perhari di pabrik baru di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pabrik di Banyuwangi rencananya akan melakukan proses groundbreaking (peletakan batu pertama) pada 24 Januari 2019. Realisasi pembangunan ini molor dari yang dijadwalkan pada bulan November 2018 karena masalah ijin yang belum selesai.

"Kapasitas pada saat full operation 4 kereta per hari," tutur Senior Manager Humas, Sekretariat, dan Protokoler INKA Hartono kepada Kontan.co.id, Kamis (17/1/2019).

Setelah beroperasi, pabrik ini mampu menampung 5.000-6.000 tenaga kerja dengan memprioritaskan masyarakat setempat.

Saat ini INKA juga memasok kebutuhan kereta api untuk pasar luar negeri. Sembari meningkatkan produksi, INKA tengah melakukan perluasan pasar ke Asia Selatan dan Afrika.

"Saat ini yang sudah kami dapatkan kontraknya dan sedang dikerjakan adalah dari Banglades dan Filipina," tambah Hartono.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: INKA targetkan produksi empat kereta perhari di Pabrik Banyuwangi




Close Ads X