Catatkan Laba Tak Sesuai Ekspektasi, Harga Saham Netflix Terkoreksi

Kompas.com - 18/01/2019, 08:32 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone.Bloomberg Ilustrasi Netflix di smartphone.

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga saham Netflix mengalami koreksi lantaran pendapatan kuartalan yang dilaporkan pada Kamis (17/1/2019) waktu setempat sedikit lebih rendah dari yang diprediksi.

Seperti disadur dari AFP, harga saham Netflix ditutup pada 345,84 dollar AS per saham, atau lebih rendah 2 persen pada perdagangan after market. Hal itu diiringi pula dengan rilis pendapatan yang menunjukkan perusahaan dengan basis di Sillicon Valley tersebut mendapatkan keuntungan sebesar 134 juta dollar AS dengan pendapatan sebesar 4,2 miliar dollar AS pada 3 bulan terakhir 2018.

Angka tersebut lebih rendah dari nilai keuntungan periode yang sama tahun lalu sebesar 186 juta dollar AS dari 3,3 miliar dollar AS pendapatan yang diterima Netflix tahun lalu.

Sebagai catatan, hingga akhir tahun 2018, Netflox mencatatkan 139 juta pengguna berbayar, atau meningkat 29 juta jika dibandingkan dengan awal tahun.

Penurunan laba jika dibandingkan dengan besarnya pendapatan disebabkan marjin operasi atau uang yang disimpan perusahaan setelah pengeluaran susut menjadi 5,2 pesen dari 7,5 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Perusahaan tersebut telah memperkirakan turunnya marjin karena jumlah film hingga serial yang diluncurkan pada kuartal tersebut.

"Rencana multi-tahun kami adalah untuk terus meningkatkan konten secara signifikan sambil meningkatkan pendapatan secara lebih cepat untuk memperluas margin operasi kami," ujar Netflix dalam sebuah surat yang dibagikan kepada para pemegang saham.

Netflix menyatakan, di kuartal terakhir Netflix tela menambahkan 8,8 juta pelanggan baru, dengan 7,3 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat.

Netflix pun berencana akan meningkatkan biaya streaming di Amerika Serikat sebesar 18 persen menjadi 12,99 dollar AS per bulan.

Selain itu, Netflix juga akan meningkatkan harga di beberapa negara lain seperti Amerika Latin dan Karibia.



Close Ads X