BUMN Sambung Listrik ke 100.970 Rumah Tangga Tak Mampu di Jabar

Kompas.com - 18/01/2019, 16:16 WIB
Ilustrasi listrikShutterstock Ilustrasi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100.970 rumah tangga tidak mampu di Jawa Barat kini bisa menikmati listrik. Hal itu setelah adanya program sambung listrik secara gratis oleh Badan Usaha Milik Negara ( BUMN).

Program sambung listrik gratis ini sebelumnya telah dilakukan di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

"Ini merupakan bentuk nyata kepedulian kita bersama bagi terwujudnya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Baca juga: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Kalah dengan Malaysia

Program sambung listrik gratis yang melibatkan 34 BUMN ini ditandai dengan pemberian sertifikat sambungan listrik gratis kepada 30.937 rumah tangga tidak mampu oleh Presiden Joko Widodo di Garut, hari ini.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), terdapat 235.756 masyarakat tidak mampu di Jawa Barat belum tersambung atau menikmati listrik PLN.

Sebagian masyarakat justru menikmati listrik dengan cara levering atau menyambung dari tetangga dengan membayar iuran Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per bulan hanya untuk lampu.

Padahal masyarakat yang mendapatkan listrik dari PLN bisa membayar lebih murah untuk lampu, televisi, penanak nasi dan alat elektronik lainnya.



Close Ads X