Kompas.com - 18/01/2019, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam pekerjaan, membangun kepercayaan antara Anda sebagai pegawai dan atasan merupakan hal yang penting. Sebab, ini akan membentuk diri Anda sebagai pegawai yang baik dan akhirnya berdampak baik pula bagi karier Anda.

Dikutip dari Reader's Digest, Jumat (18/1/2019), ada 6 cara yang dapat Anda lakukan agar atasan menaruh kepercayaan pada Anda. Berikut penjelasannya.

 

1. Bahas pekerjaan bersama

A Roger Merrill, konsultan dan penulis buku Talent Unleashed: 3 Leadership Conversations to Ignite the Unlimited Potential in People meyatakan, Anda bisa saja memiliki tujuan karier yang bagus, namun tak ada artinya bila Anda dan atasan memiliki definisi yang berbeda terkait kesuksesan.

Oleh karena itu, Merrill menyarankan Anda untuk membahas pekerjaan bersama atasan. Mintalah penjelasan mengenai ekspektasi atasan terhadap Anda dan apa pekerjaan terpenting Anda.

"Anda bisa saja kerja keras dan atasan masih berpikir Anda tak bekerja, bukan karena Anda tak bisa dipercaya, namun Anda dan atasan memiliki definisi yang berbeda," sebut Merrill.

2. Ciptakan tujuan yang jelas

Diskusikan tujuan dengan atasan Anda, yang berorientasi tindakan ketimbang berorientasi hasil. Menurut Paul Zak, penulis buku Trust Factor: The Science of Creating High Performance Companies, dengan cara ini Anda bisa membuktikan bahwa Anda memiliki langkah yang jelas untuk membantu perusahaan.

"Jika saya bilang mau meningkatkan penjualan, ini sangat samar-samar. Namun, jika saya mengatakan tujuan saya adalah menjual 5 unit per minggu, ini adalah tindakan yang saya bisa ambil, ada dokumennya, dan bisa sangat transparan," ujar Zak.

3. Cari solusi sebelum minta pertolongan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.