Bidik Milenial, "Start-up" Mahata Group dan Tiket.com Sediakan Wifi di Pesawat

Kompas.com - 19/01/2019, 12:28 WIB
Interior bagasi kabin pesawat Citilink dengan logo tiket.com di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/7/2018).  KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Interior bagasi kabin pesawat Citilink dengan logo tiket.com di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (27/7/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) agen perjalanan online Tiket.com menyepakati kerja sama dengan startup penyedia koneksi internet nirkabel ( wi-fi) di dalam pesawat, Mahata Group. Kerja sama ini terkait dengan penyediaan fasilitas wifi di pesawat. 

Juru bicara Tiket.com Geary Undarsa mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan misi bisnis Tiket.com. Selain itu, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk membidik segmen pasar pelancong millenial.

Layanan wi-fi gratis di dalam pesawat ini disediakan di dalam penerbangan maskapai berbiaya rendah Citilink Indonesia.

"Tiket.com meyakini traveler milenial merupakan pasar yang sangat besar di Indonesia, dan saat ini potensi itu belum seluruhnya termanfaatkan oleh agen travel online di Indonesia," kata Geary dalam pernyataannya, Sabtu (19/1/2019).

Baca juga: Ada Wifi Gratis, Citilink Tidak Akan Naikkan Harga Tiket

“Dengan itu, langkah kami untuk bekerja sama dengan Mahata Group sebagai penyedia jasa wifi pesawat gratis pertama di Indonesia dan maskapai berbiaya redah Citilink adalah kesempatan strategis,” jelas Geary.

Sebelumnya, Citilink Indonesia telah menunjuk Mahata Group untuk menyediakan wi-fi di dalam maskapai Citilink. Citilink Indonesia menjadi maskapai berbiaya rendah pertama yang menyediakan jasa wi-fi tanpa tambahan biaya.

Benny Rustanto, Direktur Niaga Citilink Indonesia menyatakan, peningkatan pelayanan maskapai bisa dilakukan dengan cara membagi beban kepada startup lokal, seperti Mahata Group dan Tiket.com.

Baca juga: Gandeng Lufthansa, Citilink Sediakan Wifi Gratis

“Kami bangga melihat keberanian startup lokal seperti Tiket.com dalam menjawab tantangan untuk meningkatkan standar kualitas penerbangan nasional,” imbuh Benny.

 Adapun Direktur Eksekutif Mahata Group Iwan Setiawan menyebut, tersedianya wi-fi untuk penumpang Citilink menjawab tantangan ekosistem digital global, di mana penumpang menjadi pangsa pasar yang baru.

“Kami melihat kerja sama ini mampu membantu Citilink Indonesia menciptakan ekosistem digital yang holistik,” sebut dia.



Close Ads X