Bandara NYIA Diyakini Dongkrak Pariwisata di Daerah Yogyakarta

Kompas.com - 20/01/2019, 19:02 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution saat meninjau pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport, Sabtu (19/1/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution saat meninjau pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport, Sabtu (19/1/2019)

KULON PROGO, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution meyakini, kehadiran New Yogyakarta Internasional Airport ( NYIA) akan mendongkrak sektor pariwisata.

" Pariwisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah akan naik berlipat kali dari yang berlangsung selama ini," ujar Darmin saat meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo, Sabtu (19/1/2019).

"Itu berarti, mereka (turis) akan menggunakan hotel, restoran dan termasuk kemudian mereka yang belanja pakaian, kerajinan, bahan makanan, atau makanan jadi untuk dibawa oleh-oleh," sambungnya

Dengan begitu, lapangan pekerjaan akan tercipta luas di Kulon Progo dan sekitarnya. Darmin menilai hal ini sebagai kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan revitalisasi BLK Kulon Progo agar bisa dijadikan tempat pelatihan vokasi kepada masyarakat sekitar. Tak hanya keahlian soal kebandarudaraan, namun juga non kebandarudaraan seperti menjadi pelaku UMKM.

"Saya percaya bahwa masyarakat Kulon Progo akan bisa menggunakan kesempatan ini. Sehingga bayangan akan pekerjaan yang tetap, tadinya mungkin jauh dan abstrak, sekarang dia jelas di depan mata," kata Darmin.

Program pilot project Revitalisasi BLK di Kulon Progo ini merupakan salah satu inisiatif yang diusulkan sebagai implementasi dari Peta Jalan Kebijakan Pengembangan Vokasi di Indonesia 2017-2025.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X