Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Hari Ini Berpeluang Lanjutkan Kenaikan, Waspada Aksi Ambil Untung

Kompas.com - 21/01/2019, 05:06 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Senin (21/1/2019) diproyeksi masih bisa melanjutkan kenaikannya.  Jumat (18/1/2019) lalu, IHSG ditutup menguat di level 6.448 atau naik 0,38 persen. Dalam sepekan, IHSG telah naik 1,36 persen dengan net buy asing sepekan tercatat mencapai Rp 6,39 triliun.

 "Sepanjang tidak dimanfaatkan untuk profit taking, maka IHSG masih bisa berlanjut kenaikannya," kata Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada seperti dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (20/1/2019).

Adapun sentimen yang masih mempengaruhi laju kenaikan indeks masih seputar pergerakan nilai tukar rupiah yang diharapkan terus menguat, serta sentimen global yang kekhawatiran akan perang dagang AS dan Tiongkok telah berkurang.

Reza bilang, diharapkan IHSG masih bisa bertahan di atas support 6.418 sehingga memungkinkan menuju resisten selanjutnya di 6.464. 

Baca juga: Analis: Hasil Debat Capres akan Pengaruhi Gerak IHSG Hari Ini

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto mengatakan, kenaikan IHSG karena adanya net buy asing yang terus berlanjut dan suku bunga yang tidak berubah.

"Mencerminkan kestabilan ekonomi, sehingga tingkat risiko berinvestasi di Indonesia menjadi relatif lebih rendah dan menarik investor asing," ujar William.

Sehingga masuknya dana asing dalam jumlah besar masih akan menjadi sentimen dari dalam negeri, dengan didukung proses damai dagang yang terus berlanjut, untuk mampu membuat IHSG kembali naik.

William memprediksi bullish pada rentang 6.400-6.550.

Hal serupa disampaikan Kepala Riset Astronacci International Anthonius Edyson. Dia memperkirakan, indeks cenderung menguat dan bakal bergerak dengan support 6.325 dan resistance 6.550.

"Sentimennya (bullish) dari sejak suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) batal naik, sehingga tidak terjadi outflow dari asing di bursa Tanah Air," kata Anthonius.

Sementara Analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG melemah. Secara teknikal, candlestick IHSG membentuk doji di area resistance upper bollinger band sehingga berpotensi mengalami koreksi atau profit taking dalam jangka pendek.

"Pergerakan masih dipengaruhi sentimen global, dari dalam negeri masih minim sentimen," ungkap dia.

Dennies memprediksi IHSG melemah pada rentang level support 6.420 dan resisten pada level 6.463. (Intan Nirmala Sari, Willem Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id degan judul IHSG sudah naik tinggi, hati-hati profit taking


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com