Apa Saja yang Harus Disiapkan Jelang Pensiun?

Kompas.com - 21/01/2019, 06:37 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pensiun kerap menjadi suatu momok bagi para pekerja, baik pegawai negeri sipil maupun pegawai swasta. Taspen mengungkap, banyak PNS yang mengkhawatirkan hari-hari saat purnatugas. Mereka tak bisa lagi menghasilkan uang bulanan untuk menghidupi keluarganya.

Oleh karena itu, perlu ada persiapan yang matang menghadapinya.

Menurut perencana keuangan Aidil Akbar, tak cukup waktu setahun dua tahun untuk memupuk kesiapan masa pensiun. Paling tidak, seseorang mulai menyiapkan diri, khususnya dari segi finansial, sejak 10-15 tahun sebelumnya.

"Faktanya, orang Indonesia tidak bisa pensiun meski sudah punya dana pensiun," ujar Aidil.

Baca juga: Sri Mulyani Ajak Generasi Milenial Ikut Dana Pensiun

"Yang sering terjadi, mereka ada yang masih bekerja, ada yang menurunkan standar hidup, hingga jual aset untuk menutupi biaya pensiun meraka," lanjut dia.

Jika hanya mengandalkan tabungan hari tua, tentunya tak akan cukup. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan calon pensiunan agar mapan saat purnatugas.

1. Persiapan matang

Cari tahu apa yang akan Anda lakukan dengan waktu Anda setelah pensiun. Beberapa orang belum memikirkan hal ini sehingga tak sadar pensiun sudah di depan mata. Menarik jika liburan dipilih menjadi cara menghabiskan waktu. Namun, harus dipastikan kocek Anda cukup untuk liburan sekaligus untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, bertemulah dengan perencana keuangan untuk bantuan jika diperlukan. Sebagaimana dikutip dari The Balance, sebagian besar pensiunan lebih bahagia jika mereka memiliki keterlibatan formal seperti pekerjaan lepas, pekerjaan paruh waktu atau posisi sukarela.

2. Menghitung dana pensiun

Aidil mengatakan, setidaknya ada tiga pertanyaan yant menentukan berapa besar dana pensiun yang akan dipersiapkan.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X