Terlesu dalam 28 Tahun, Pertumbuhan Ekonomi China Melambat Jadi 6,6 Persen di 2018

Kompas.com - 21/01/2019, 14:43 WIB
Bendera Republik Rakyat China The GuardianBendera Republik Rakyat China

JAKARTA, KOMPAS.com - Laju pertumbuhan ekonomi China bergerak melambat selama lebih dari 3 dekade belakangan.

Dikutip dari CNN, pertumbuhan ekonomi dari negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini tumbuh 6,6 persen di 2018. Data dari biro pusat statistik setempat tersebut menunjukkan perekonomian China saat ini adalah yang terlesu sejak 1990.

Perekonomian China telah kehilangan momentum pertumbuhannya di tengah upaya untuk mengendalikan tingkat utang yang tinggi. Mereka juga tengah merasakan dampak dari perang dagang yang terjadi dengan Amerika Serikat.

Akibat perang dagang, saat ini terdapat lebih dari 250 miliar dollar AS produk ekspor China yang terkena tarif.

Kondisi yang kian burun pun telah berdampak ke pelaku pasar dunia. Apple baru saja memberikan peringatan mengenai dampak dari perlambatan ekonomi China akibat perang dagang yang menyebabkan jumlah penjualan produk iPhone yang terus merosot.

Pada kuartal IV-2018, pertumbuhan ekonomi di China melambat menjadi 6,4 persen. Sedangkan tahun ini, pertumbuhan ekonomi diperkirakan semakin melandai mendekati 6 persen. Namun, banyak analis yang skeptis dengan keakuratan data-data pemerintah setempat dan memprediksi pertumbuhan ekonomi China jauh lebih rendah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X