SMF Salurkan Pembiayaan untuk KPR Sebesar Rp 9,8 Triliun di 2018

Kompas.com - 21/01/2019, 17:45 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) telah menyalurkan pembiayaan untuk kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar Rp 9,8 triliun sepanjang tahun 2018. Angka tersebut naik 20 persen dibandingkan pada 2017 lalu yang mencapai Rp 8,1 triliun.

"Sampai akhir Desember 2018 telah disalurkan ke 110 debitur," ujar Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Heliantopo menambahkan, penyebaran pembiayaan KPR tersebut secara umum merata ke seluruh wilayah Indonesia. Komposisinya adalah 78 persen untuk wilayah Indonesia bagian barat, 20 persen di bagian tengah dan sisanya di bagian timur.

"Sisanya di (Indonesia) bagian timur, walaupun porsinya kurang dari 2 persen,” kata Heliantopo.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Subsidi KPR untuk Milenial

Heliantopo menjelaskan, sejak 2006 lalu perseroan telah mempunyai 765 debitur.

Adapun total dana yang dialirkan ke pasar pembiayaan primer perumahan sebesar Rp 47,5 triliun. Dengan rincian, akumulasi penyaluran pinjaman SMF sejak 2006 sebesar Rp 37,3 triliun dan nominal transaksi sekuritisasi KPR yang difasilitasi perseroan Rp 10,5 triliun.

"Dalam bisnis pinjaman, NPL masih 0 persen," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X