Pascamerger, 72,78 Persen Saham Bank Danamon Bakal Dikuasai MUFG Bank

Kompas.com - 22/01/2019, 16:54 WIB
Gedung Menara Bank Danamon, Jakarta. Dok. Bank DanamonGedung Menara Bank Danamon, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penggabungan PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk (BNP) pasca akuisisi oleh MUFG Bank Ltd akan rampung pada 1 Mei 2019 mendatang.

Ada perubahan struktur pemegang saham kedua bank yang terjadi bila penggabungan atau merger tersebut rampung. Lewat keterbukaan informasinya di laman Harian Kontan (22/1/2019) Bank Danamon menjelaskan nantinya kepemilikan MUFG Bank di perseroan akan naik menjadi 72,7 persen dari posisi sebelum merger sebesar 40 persen.

Adapun, jumlah saham MUFG Bank di Danamon akan menjadi 9,77 miliar lembar saham dari sebelumnya 3,83 miliar.

Baca juga: Akan Merger, Perdagangan Saham Danamon dan Bank Nusantara Parahyangan Disuspensi

Struktur ini berubah dengan asumsi Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd mengeksekusi haknya dengan menjual sahamnya kepada MUFG Bank.

Sebagai catatan, sebelum merger, Asia Financial masih memiliki saham di Bank Danamon sebesar 33,83 persen. Selain itu, ada susun pemegang saham baru di Bank Danamon pasca merger yaitu ACOM, Co. Ltd sebesar 1,31 persen.

Sementara sisanya merupakan milik Komisaris/Direksi sebesar 0,04 persen dan masyarakat dengan saham seri A sebesar 0,23 persen dan seri B 25,64 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak Bank Danamon mengatakan, kepemilikan saham MUFG Bank dapat mengingat tergantung pada intensi pemegang saham untuk menjual menjual sahamnya kepada MUFG Bank.

"Secara bersamaan, saham yang dipegang oleh ACOM, Komisaris/Direktur dan Masyarakat juga bisa berkurang," tulis perseroan.

Baca juga: Bank Danamon Rombak Jajaran Komisaris

Adapun untuk BNP, sampai saat ini tercatat ACOM memiliki 67,59% kepemilikan saham di BNP dengan jumlah saham 540,61 juta lembar. Sementara PT Hermawan Sentral Investama memiliki 11,54% saham atau setara 92,29 juta lembar saham.

MUFG Bank di lain pihak memegang 7,91 persen saham BNP, Komisaris/Direktur 1,5 persen dan sisanya 11,46 persen dipegang oleh masyarakat.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pasca merger, 72,78% saham Bank Danamon bakal dikuasai MUFG Bank



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.