Kompas.com - 24/01/2019, 12:32 WIB
Pesta kembang api menjadi perayaan wajib di kota-kota besar di dunia pada malam pergantian tahun. Pesta kembang api menjadi perayaan wajib di kota-kota besar di dunia pada malam pergantian tahun.

HONG KONG, KOMPAS.com - Hong Kong merupakan negara yang menempati posisi pertama sebagai negara dengan harga perumahan termahal di dunia dalam sembilan tahun berturut-turut.

Tak hanya mempertahankan gelar di posisi pertama, berdasarkan riset Demographia yang dikutip dari Bloomberg, Kamis (24/1/2019), harga rumah-rumah di perkotaan Hong Kong semakin tak bisa dijangkau oleh penduduknya.

Harga properti di rata-rata kota di Hong Kong meningkat 20,9 kali pendapatan rumah tangga rata-rata penduduknya di 2018, dan meningkat 19,4 kali lipat dari pendapatan tahun sebelumnya.

Baca juga: Hong Kong Kota Termahal bagi Ekspatriat

Sementara kota Vancouver, Kanada menduduki posisi kedua sebagai pasar properti yang paling tak terjangkau, melangkahi Sydney, Australia yang berada pada posisi tersebut setahun sebelumnya dan telah melalui masa-masa booming properti. Sementara Melbourne berada di urutan keempat, diikuti San Jose, California dan Los Angeles.

Adapun kota London dan Toronto harus berbagi tempat di posisi ke-10.

Sebagai catatan, lesunya pasar properti dalam beberapa tahun belakangan seharusnya membuat masyarakat Hong Kong hingga London bisa lebih mudah untuk memiliki rumah. Harga perumahan di Hong Kong terlah mengalami penurunan selama 10 tahun berturut-turut sejak 2008.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu juga di wilayah London di mana pasar properti tengah lesu sejak 2011 dan pemilik rumah di Sydney harus bergulat dengan merosotnya harga real estat sejak 1980.

Baca juga: Hong Kong Siap Jadi Wasit atas Sengketa yang Muncul di Belt and Road Initiative

Walaupun demikian, studi yang dilakukan oleh Demographia dan mencakup 309 pasar properti metropolitan di delapan negara termasuk Australia, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat di kuartal III-2018 menunjukkan, 29 pasar terbesar perumahan digolongkan sebagai "sangat tidak terjangkau".

Berikut daftar 10 kota dengan harga properti termahal di dunia:

  1. Hong Kong
  2. Vancouver
  3. Sydney
  4. Melbourne
  5. San Jose
  6. Auckland
  7. San Francisco
  8. Honolulu
  9. London
  10. Toronto
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.