Di Davos, Menkominfo Bahas Potensi Digital ASEAN

Kompas.com - 24/01/2019, 15:16 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Ekonomi Outlook 2019, Jakarta, Selasa (8/1/2019)Dok Kemenko Perekonomian Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Ekonomi Outlook 2019, Jakarta, Selasa (8/1/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memimpin diskusi yang membahas potensi digital ASEAN. Diskusi ini merupakan rangkaian kegiatan Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum ( WEF) di Davos, Swiss pada Rabu (23/1/2019).

Bersama para pemimpin dari negara lain, perwakilan bisnis dan akademisi, Rudiantara membahas prioritas ASEAN di 2019 dan pengembangan bentuk-bentuk baru kerja sama antara publik-swasta terkait ekonomi digital.

Inisiatif Digital ASEAN Forum sendiri bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi digital regional yang dinamis. Proyek yang diluncurkan pada April 2018 di Singapura ini sebelumnya telah membentuk lima gugus tugas yang terdiri dari para Menteri dan CEO.

Baca juga: Bukalapak dan Pemprov Bangka Belitung Dorong Pelaku UMKM Go Digital

"Masing-masing gugus tugas membahas tentang kebijakan data regional, akses digital ASEAN, upaya membangun komitmen bersama untuk meningkatkan keterampilan digital bagi tenaga kerja ASEAN, implementasi pembayaran elektronik, serta kerja sama dalam mengembangkan cybersecurity," kata Rudiantara dalam keterangan resminya, Kamis (24/1/2019).

Pertemuan ini fokus membahas kemajuan ASEAN dan menetapkan gagasan tentang apa yang seharusnya dilakukan ASEAN di tahun-tahun mendatang. Termasuk di dalamnya memahami peluang dan prioritas ASEAN, portofolio forum ASEAN di tahun 2018, dan menyelaraskan agenda dan inisiatif forum di 2019.

Sebagaimana diketahui, blok ASEAN terus menunjukkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan, dan kerja sama regional yang menjadi tantangan sekaligus peluang.



Close Ads X