Evaluasi Kinerja Anda Buruk? Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 25/01/2019, 11:12 WIB
Ilustrasiimtmphoto Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika bekerja di sebuah institusi atau perusahaan, kinerja Anda pasti secara rutin dievaluasi. Namun, harus diakui bahwa kinerja Anda tidak selalu baik.

Ada kalanya performa kerja Anda mengendur, yang bisa disebabkan banyak hal. Bisa jadi Anda jenuh, lingkungan kerja kurang nyaman, atau bahkan Anda memiliki masalah pribadi atau kesehatan yang mengganggu kinerja.

Nah, ketika evaluasi kinerja Anda tidak sesuai ekspektasi, jangan langsung bereaksi negatif. Mengutip CNN, Jumat (25/1/2019), lakukan 5 hal ini ketika evaluasi kinerja Anda di kantor ternyata buruk.

1. Tetap tenang
Hal terpenting saat mengetahui evaluasi kinerja Anda buruk adalah tetap tenang. Jangan langsung bereaksi negatif saat pihak perusahaan menyampaikan evaluasi kinerja Anda.

"Jika Anda menjadi negatif, emosional, dan defensif, ini akan menjadi sulit bagi Anda untuk mencerna evaluasi Anda. Tetap tenang, bahkan jika ini artinya tidak berkata apa-apa," kata pakar karier Kate O'Sullivan.

Ia juga menyarankan Anda untuk mencatat hal-hal yang disampaikan terkait kinerja Anda dan meminta waktu sejenak untuk mencerna informasi.

2. Nyatakan pesan diterima
Jika Anda bersikap tenang dan tidak mengatakan apa-apa agar emosi Anda tidak meluap, Anda tetap perlu menegaskan bahwa Anda telah memahami evaluasi kinerja dengan baik.

Pakar karier Marie McIntyre memberikan sejumlah alternatif pernyataan yang bisa Anda lontarkan, seperti "Saya mengerti kekhawatiran Anda tentang tenggat waktu yang terlewat" atau "Saya memahami ada beberapa masalah dengan rekan-rekan kerja saya dan saya menyoroti hal itu."

3. Susun rencana
Begitu semua permasalahan terkait kinerja Anda sudah diidentifikasi, sekarang susunlah rencana untuk memperbaikinya. Ketika sudah memiliki rencana, mintalah waktu untuk bertemu dengan manajer Anda untuk meninjaunya dan memperoleh tanggapan.

"Pasang ekspektasi terkait apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya, bukan membalikkannya," ujar Lisa Rangel, direktur pelaksana Chameleon Resumes.

4. Atur jadwal evaluasi berkala
Rangel menyarankan, jangan biarkan evaluasi Anda berikutnya dilakukan enam bulan hingga setahun kemudian. Jangan sungkan untuk meminta evaluasi yang lebih sering untuk mengevaluasi progres kinerja Anda.

"Anda butuh struktur pelaporan yang lebih formal dan sering, sehingga Anda bisa menunjukkan bahwa Anda tertarik dalam membalikkan tren," ucap Rangel.

Ia menuturkan, mengajukan evaluasi yang lebih berkala memberikan Anda kesempatan untuk memperoleh penilaian yang lebih positif terkait kinerja Anda.

5. Segera bertindak
Setelah memeproleh evaluasi kinerja Anda dan menyusun rencana perbaikan, jangan buang-buang waktu. Segera realisasikan rencana Anda menjadi tindakan nyata.

"Anda bisa membuat daftar tiga prioritas dan pastikan atasan Anda menyetujuinya, sehingga ini bukan masalah jam kerja, tapi bagaimana kesuksesan terlihat dari priroitas itu," tutur O'Sullivan.



Close Ads X