Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Jokowi Memulai Usaha Bermodal Rp 10 Juta

Kompas.com - 25/01/2019, 17:31 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui ratusan nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Lapangan Alun-Alun Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019).

Selain menderngar cerita nasabah Mekaar, Jokowi juga membagikan pengalamannya ketika memulai usaha dan cerita tentang tetangganya mengenai permodalan membuka usaha.

"Saya dulu memulai usaha dengan uang yang kecil, kalau ibu Rp 2 juta, dulu saya Rp 10 juta," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kesuksesan sebuah usaha tidak diukur seberapa besar dan banyak modalnya. Namun lebih kepada niat awal untuk memulai dan kejujuran ketika mendapat modal. Sehingga bisa berkembang dan maju.

Baca juga: Kepada Ibu-ibu, Jokowi Bagikan Kunci Sukses untuk Jalankan Usaha

"Dulu tetangga saya dapat pinjaman Rp 30 juta, besoknya beli motor Rp 15 juta. Saya sudah mikir ini pasti enam bulan sepeda motornya diambil. Ternyata benar, enggak bisa mengembalikan (pinjman modal)," ungkapnya.

Dia mengatakan, para pelaku usaha harus bisa memaksimalkan modal yang dimiliki dengan membedakan keperluan konsumsi dan usaha. Ini yang ditekankannya kepada ibu-ibu nasabah Program Mekaar yang tengah menjalanlan usahanya.

"Nanti, setahun dua tahun ikut program Mekaar naik kelas. Bisa pinjam Rp 4 juta, kalau butuh lebih besar dan Mekaar enggak bisa, loncat ke KUR yang bisa meminjam Rp 25- Rp 500 juta," sebutnya.

Jokowi menilai, setidaknya tiga hal yang harus dimiliki seseorang atau pelaku usaha agar usahanya bisa sukses. Jika tidak maka capaian itu tidak akan bisa terwujud.

"Jujur, disiplin, dan kerja keras. Itu kuncinya, ibu-ibu kalau mau usahanya sukses," ucap dia.

"Kalau itu tidak dilakukan jangan harap bisa sukses," sambungnya.

Program Mekaar digagas Jokowi dan kini dinaungi PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero. Hingga tahun ini, jumlah nasabah sudah 4,3 juta yang tersebar seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com