Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Luncurkan Pemindai QR Code, Bank Permata Tunggu BI

Kompas.com - 25/01/2019, 19:40 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur dalam aplikasi Permatamobile X milik Bank Permata adalah tersedianya pemindai kode QR. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode di merchant tertentu.

Direktur Teknologi dan Informasi Bank Permata Abdy D Salimin mengatakan, fitur tersebut masih menunggu perizinan sehingga belum bisa digunakan saat ini.

"QR code kami sudah ready, kami tunggu Bank Indonesia," ujar Abdy di Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Abdy mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba QR code sebelum aplikasi diluncurkan ke pasar. Sertifikasi juga sudah di tangan. Mengenai kapan resmi beroperasi, Bank Permata masih menunggu tindak lanjut dari BI.

Baca juga: Bank BUMN, Telkom, dan Pertamina Segera Luncurkan QR Code Link Aja

"Kalau sudah dibuka BI, kita bisa mulai. Sekarang kan BI lagi bangun ekosistem," kata Abdy.

Abdy mengatakan, penerapan sistem pembayaran menggunakan QR code sangat mendorong pembayaran nontunai di Indonesia. Caranya pun mudah hanya tinggal memindai kode yang terdapat di merchant, kemudian dalam sekali klik, pembayaran selesai.

"QR code di Indonesia standarnya dibuat di BI jadi semua bank bisa pakai. Bank-bank lain juga diharuskan untuk buka kan," kata Abdy.

Permatamobile X dianggap sebagai solusi bagi permasalahan pelanggan terkait perbankan. Banyak nasabah yang kerepotan untuk membuka rekening atau mengajukan kredit tanpa agunan karena harus datang ke kantor cabang. Melalui Permatamobile X ini, pengajuan bisa dilakukan melalui aplikasi.

"Aplikasi kita dibangun berdasar solving masalah customer. Jadi di mana saja bisa ber-banking dan tidak perlu datang ke cabang," kata Abdy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com