Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siapkan Rekening Khusus Devisa Hasil Ekspor

Kompas.com - 25/01/2019, 20:08 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) tengah menyiapkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang mengatur soal simpanan khusus untuk deposito devisa hasil ekspor (DHE).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya sudah menunjuk institusi bank yang menyiapkan rekening simpanan khusus untuk DHE Sumber Daya Alam (SDA) yang diletakkan di bank dalam negeri yang melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.

"Kami juga sudah siapkan PBI mengenai rekening simpanan khusus. Sehingga kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah khususnya pemberian insentif pajak bagi DHE yang lebih banyak di bawa ke dalam negeri dan juga dikonversikan ke rupiah, insentif pajak deposito akan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih jelas," ujar Perry ketika memberikan penjelasan kepada awak media di Gedung BI, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Baca juga: Pemerintah Bakal Beri Kelonggaran Pajak Deposito Devisa Hasil Ekspor

Pemerintah sudah menerbitkan, Peraturan Pemerintah (PP) No 1 Tahun 2019 soal ketentuan peletakan DHE SDA yang wajib ditaruh di dalam negeri. PP tersebut kemudian diturunkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur sektor apa saja yang dikenai aturan, dan PBI mengenai rekening simpanan.

Nantinya, PBI ini dikeluarkan berbarengan dengan PMK.

"Kami sudah koordinasi dari awal, timingnya bersama. Itu segera bisa kita terapkan. Tapi, kita sudah bicara dengan dunia perbankan," ujar Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com