Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kitaumroh, Marketplace Khusus Umrah untuk Minimalkan Penipuan

Kompas.com - 26/01/2019, 17:53 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kitaumroh merupakan pendatang baru dalam dunia startup yang menawarkan marketplace khusus jasa perjalanan umrah. Marketplace ini berani menjamin uang kembali apabila calon jamaah gagal berangkat umrah.

Eka Ananda Mumpuni, Chief Marketing Officer Kitaumroh mengatakan, dengan menggunakan sistem Escrow atau biasa dikenal dengan rekening bersama, Kitaumroh menyimpan dana calon jamaah umrah sampai tanggal keberangkatan.

Hal ini mereka lakukan untuk meminimalisir kasus penggelapan dana umroh seperti yang sempat terjadi tahun lalu.

Para mitra travel yang tersedia juga telah ditinjau izin dan catatan silamnya, jadi tidak sembarangan travel bisa bekerja sama dengan Kitaumroh.

"“Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia perlu memiliki marketplace seperti ini. Kasus penggelapan dana yang terjadi tahun lalu menunjukkan bahwa masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab," kata Eka, melalui rilis ke Kompas.com, Minggu (26/1/2019).

Menurut Eka, dari tahun ke tahun tren umrah di Indonesia terlihat positif. Pada tahun 2017, jamaah umrah di Indonesia mencapai 875.958 orang dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat sekitar 10 persen tiap tahunnya.

Ditambah lagi penetrasi belanja online di Indonesia telah mencapai 28,1 Juta pengguna pada tahun 2017 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 43,9 Juta pengguna pada tahun 2022.

Dengan data-data pertumbuhan tersebut, Eka meyakini Kitaumroh berada dalam posisi yang tepat yang untuk memfasilitasi dan memperkuat perkembangan umroh di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com