Hapus Bagasi Gratis, Citilink Jamin Keamanan Barang Bawaan Penumpang

Kompas.com - 28/01/2019, 21:42 WIB
Citilink di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (19/7/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIACitilink di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (19/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Citilink akan menghapus layanan bagasi gratis bagi para penumpang rute domestiknya mulai 8 Februari 2019.

Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto mengatakan, pihaknya akan memperketat pengamanan bagi barang bawaan penumpang. Hal tersebut dilakukan agar tak terjadi kasus pencurian bagasi penumpang.

"Mengenai mitigasi, kita menambahkan personel avsec, kita (juga) melakukan training. Menambah SOP sesuai dengan apa yang dilakukan," ujar Benny di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Baca juga: Citilink Terapkan Bagasi Berbayar Mulai 8 Februari 2019

Selain itu, lanjut Benny, pihaknya juga akan menyediakan tempat pembelian bagasi di konter check in Citilink di Bandara. Nantinya, akan ditempatkan personel pengamanan bandara di lokasi tersebut.

"Kalau jaminan keamanan kita di Citilink tidak ada kompromi, kita komit. Kita lakukan kerja sama dengan aviation security, yang sudah mempunyai sertifikasi khusus di airport (unuk) memastikan berjalan sesuai SOP," kata Benny.

Penerapan bagasi berbayar ini akan mulai dilakukan pada 8 Februari 2019. Nantinya, para penumpang yang membawa barang bawaan lebih dari 7 kilogram ke dalam kabin pesawat akan dikenakan biaya.

Baca juga: Tarif Bagasi Citilink Mulai Rp 9.000 Per Kilogram

Khusus penumpang Citilink Indonesia rute internasional serta penumpang yang telah menjadi anggota Supergreen dan Garudamiles atau penumpang yang membeli 'Green Seat' akan tetap mendapatkan gratis bagasi 10 kilogram.

Sedangkan bagi member Citilink Citisport akan mendapatkan gratis 20 kilogram untuk perlengkapan olah raga (sports equipment) dan gratis tambahan 10 kilogram untuk bagasi tercatat.

 

Catatan redaksi: Artikel ini telah mengalami perubahan judul. Sebelumnya, judul tertulis "Hapus Bagasi Gratis, Citilink Janji Tak Ada Kasus Pencurian Bagasi" menjadi "Hapus Bagasi Gratis, Citilink Jamin Keamanan Barang Bawaan Penumpang." Mohon maaf atas kekeliruan penulisan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X