Mengapa Milenial Diangap Penting bagi Sektor Keuangan?

Kompas.com - 29/01/2019, 16:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbicara sebagai panelis di Forum Bloomberg New Economy Forum yang sedang berlangsung di Hotel Capella, Singapura, Rabu (7/11/2018) Bloomberg New Economy ForumMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbicara sebagai panelis di Forum Bloomberg New Economy Forum yang sedang berlangsung di Hotel Capella, Singapura, Rabu (7/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Besarnya populasi generasi milenial Indonesia diyakini bisa menjadi amunisi ampuh bagi gejolak global yang kerap berdampak negatif ke sektor keuangan dan investasi.

Bahkan, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, para investor milenial bisa menjadi penopang utama kuatnya sektor keuangan Indonesia di tengah gejolak ekonomi global saat ini.

"Kita (bisa) membuat komunitas investor di Indonesia yang lebih kuat sehingga tidak mudah terombang-ambing apabila ada sentimen global," ujarnya, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Baca juga: Ini Investasi yang Makin Diminati Milenial

Saat ini kata Sri Mulyani, bila melihat profil usia investor, maka pertumbuhan investor milenial terus naik. Meski tak menyebut angkanya, namun ia mengatakan jumlahnya sangat tinggi.

Meskipun demikian, diakui Sri Mulyani, dari sisi besaran dananya, para investor milenial tidak sebesar investor generasi yang lebih tua. Oleh karena itu, pendalaman pasar harus dilakukan untuk meningkatkan besaran investasi.

Salah satu caranya yakni dengan menawarkan instrumen investasi surat berharga negara ritel. Dengan modal Rp 1 juta, instrumen investasi ini bisa dimiliki.

"Tentu kami sekarang masuk ke ritel juga, itu dikaitkan dengan keinginan investor base dari surat surat berharga negara," kata dia.

Baca juga: Investasi SBR Dianggap Lebih Menarik, Ini Alasannya

Belum lama ini, Kementerian Keuangan meluncurkan penawaran Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR005.

Instrument investasi ini bahkan bisa dipesan mulai Rp 1 juta hingga maksimal Rp 3 miliar. Hal ini membuat SBR005 menjadi instrumen yang diminati oleh generasi milenial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.