Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Global Optimistis dengan Pilpres 2019, Kenapa?

Kompas.com - 30/01/2019, 15:50 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapan, ada peningkatan optimisme dari para investor global dan dunia usaha pada kuartal IV-2018 terhadap pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Hal ini menurut Kepala BKPM Thomas Lembong lantaran kedua pasangan capres-cawapres menunjukkan sikap pro terhadap investasi.

"Hemat saya, paslon oposisi juga memberikan cukup banyak pernyataan kepada media, publik yang pro investasi dan pro reformasi," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

"Sehingga ada optimisme bahwa kalau pun ada surprise dalam hasil pemilu, arah kebijakan tidak akan berubah," sambung dia.

Baca juga: Dorong Penjualan Buah Naga di Banyuwangi, Kementan Gaet 3 Investor

Menurut Thomas, sikap pro investasi sangat penting bagi para investor. Sebab apapun hasilnya nanti, pemerintahan tetap mengupayakan reformasi di bidang ekonomi.

Thomas mengungkapan, optimisme itu diketahui setelah ia berdiskusi dengan para investor, tak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

Selain Pilpres, faktor lain yang membuat investor lebih optimis yakni keyakinan meredanya perang dagang antara AS dengan China.

Hal ini kata Thomas seiring dengan hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akhir 2018 lalu.

BKPM menyampaikan bahwa target realisasi  Investasi  mencapai Rp 792,3 triliun pada 2019, atau naik dari realisasi 2018 yang sebesar 721,3 triliun.

Dengan berbagai strategi dan optimisme pasca Pemilu 2019, BKPM yakin target itu bisa tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com