Investor Global Optimistis dengan Pilpres 2019, Kenapa?

Kompas.com - 30/01/2019, 15:50 WIB
Kepala BKPM Thomas Lembong. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKepala BKPM Thomas Lembong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) mengungkapan, ada peningkatan optimisme dari para investor global dan dunia usaha pada kuartal IV-2018 terhadap pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Hal ini menurut Kepala BKPM Thomas Lembong lantaran kedua pasangan capres-cawapres menunjukkan sikap pro terhadap investasi.

"Hemat saya, paslon oposisi juga memberikan cukup banyak pernyataan kepada media, publik yang pro investasi dan pro reformasi," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

"Sehingga ada optimisme bahwa kalau pun ada surprise dalam hasil pemilu, arah kebijakan tidak akan berubah," sambung dia.

Baca juga: Dorong Penjualan Buah Naga di Banyuwangi, Kementan Gaet 3 Investor

Menurut Thomas, sikap pro investasi sangat penting bagi para investor. Sebab apapun hasilnya nanti, pemerintahan tetap mengupayakan reformasi di bidang ekonomi.

Thomas mengungkapan, optimisme itu diketahui setelah ia berdiskusi dengan para investor, tak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

Selain Pilpres, faktor lain yang membuat investor lebih optimis yakni keyakinan meredanya perang dagang antara AS dengan China.

Hal ini kata Thomas seiring dengan hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akhir 2018 lalu.

BKPM menyampaikan bahwa target realisasi  Investasi  mencapai Rp 792,3 triliun pada 2019, atau naik dari realisasi 2018 yang sebesar 721,3 triliun.

Dengan berbagai strategi dan optimisme pasca Pemilu 2019, BKPM yakin target itu bisa tercapai.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X