Peritel Thailand Central Group Akan Investasi Rp 2,8 Triliun di Grab?

Kompas.com - 30/01/2019, 16:59 WIB
Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab.

BANGKOK, KOMPAS.com - Peritel asal Thailand Central Group berencana menanamkan investasi di perusahaan penyedia layanan aplikasi transportasi online Grab senilai 200 juta dollar AS atau setara sekira Rp 2,8 triliun. Kabar ini dihembuskan oleh sumber terkait aksi korporasi tersebut.

Dikutip dari Reuters, Rabu (30/1/2019), pernah dikabarkan pada September 2018 lalu bahwa kedua perusahaan berada dalam tahap pembicaraan mengenai investasi ini.

Salah seorang sumber menyebut, Grab akan mengakuisisi saham unit lokal Grab di Thailand. Sumber tersebut meminta identitasnya disembunyikan lantaran topik tersebut masih rahasia.

Adapun pihak Central dan Grab enggan mengomentari kabar tersebut. Jika rencana itu benar adanya, maka kesepakatan tersebut akan diumumkan segera setelah rival Grab asal Indonesia, Go-Jek, meluncurkan operasi transportasi dan pengiriman makanan di Thailand.

Baca juga: Grab Berencana Jual Saham Unit di Thailand ke Central Group

Pada tahun 2017 lalu, Central meluncurkan perusahaan patungan dengan e-commerce asal China, JD.com. Adapun JD.com adalah investor Go-Jek.

Transportasi online tidak diatur secara penuh di Thailand. Ini menyebabkan aparat kepolisian kerap menjatuhkan tilang kepada pengemudi.

Pada November 2018 lalu, Kasikornbank Pcl menanamkan investasi sebesar 50 juta dollar AS di Grab. Kasikornbank adalah bank terbesar keempat di Thailand.

 



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X