Rupiah Perkasa, Tembus Level di Bawah Rp 14.000

Kompas.com - 31/01/2019, 14:36 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada pukul 13.30 WIB menguat signifikan dan menembus Rp 13.984 per dollar AS di data pasar spot Bloomberg, Kamis (31/1/2019).

Angka tersebut menguat 147 poin atau 1,04 persen jika dibandingkan dengan penutupan perdagagan, Rabu (30/1/2019). Sementara, pada pembukaan perdagangan hari ini nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 14.040 per dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia ( BI) Nanang Hendarsah menjelaskan, pergerakan nilai tukar rupiah yang cukup tajam ditopang  pelepasan valuta asing (valas) oleh investor asing dan perbankan karena kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve), hasil dari Federal Open Market Committee (FOMC) yang memutuskan tidak mengubah suku bunga acuannya dengan statement dovish.

" The Fed akan bersabar dalam membuat keputusan perubahan FFR ke depan dan mengindikasikan kemungkinan memperlambat proses normalisasi neraca The Fed," ujar Nanang kepada Kompas.com, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Faktor Eksternal Topang Penguatan Rupiah Hari Ini

Nanang mengatakan, pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell tersebut membuat kemungkinan tersirat dari kenaikan FFR hingga Desember 2019 ini semakin turun.

"Sementara implied probability penurunan FFR di akhir tahun naik menjadi 22 persen," jelas Nanang.

Hingga saat ini, arus modal masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) telah mencapai Rp 2 triliun. Walaupun demikian, BI akan tetap memberi ruang rupiah agar terus menguat di bawah Rp 14.000.

"Karena rupiah masih undervalued, sekaligus untuk memperkuat confidence terhadap Indonesia," ujar dia. BI tetap memberikan ruang penguatan rupiah meski sudah tembus 14.000


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X